Berita Jepang | Japanesestation.com

Destinasi wisata bersejarah, Kastil Himeji di Prefektur Hyogo resmi akan menaikkan tarif kunjungan untuk seluruh wisatawan yang bukan merupakan penduduk lokal sekitar. Sebelumnya, pemerintah daerah Himeji berencana untuk menaikkan tarif tiga kali lipat untuk turis asing. Saat ini, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk membuat tiket premium bagi turis asing. Tiket ini mencakup layanan bagasi dan diskon restoran.

Hideyasu Kiyomoto selaku wali kota Himeji menuturkan jika pihak pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menaikkan tarif pada turis asing dari 1.000 yen untuk saat ini. Kiyomoto menegaskan jika pihaknya menghindari kenaikan biaya warga lokal karena Kastil Himeji dianggap sebagai tempat istirahat. Kebijakan kenaikan biaya untuk turis asing sempat menuai kritik dari dewan kota karena dianggap akan merusak citra Kastil Himeji.

"Kastil Himeji memiliki banyak bagian bangunan yang ditetapkan sebagai harta nasional. Biaya masuk merupakan sumber pendapatan penting yang untuk melestarikan warisan budaya," ujar salah satu pejabat.

Kebijakan baru ini akan mulai berlaku paling cepat musim semi tahun 2026. Sebanyak 1.48 juta orang dilaporkan mengunjungi Kastil Himeji pada tahun 2023. Sebanyak 452.300 merupakan turis asing.