Berita Jepang | Japanesestation.com

Pembuat film anime, Hayao Miyazaki berhasil menjadi salah satu penerima penghargaan bergengsi Ramon Magsaysay Award 2024 pada Hari Sabtu (31/8).

Penghargaan yang disebut-sebut sebagai Nobel Prize-nya Asia ini diadakan untuk sebagai bentuk penghormatan kepada Magsaysay, presiden ketujuh Filipina yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1957.

Salah satu pendiri Studio Ghibli yang berusia 83 tahun ini, yang memiliki banyak karya, termasuk film pemenang Oscar The Boy and the Heron dan Spirited Away, dideskripsikan oleh Ramon Magsaysay Award Foundation sebagai orang yang “menangani isu-isu yang rumit dengan menggunakan seni agar dapat dimengerti oleh anak-anak.”

“Dia mendidik dengan cara menghibur,” ujarnya.

Hayao Miyazaki Raih Penghargaan Ramon Magsaysay 2024
Sebuah upacara diadakan di Manila pada 31 Agustus 2024, untuk mengumumkan para penerima Penghargaan Ramon Magsaysay (Kyodo)

Yayasan ini juga mengumumkan penerima Ramon Magsaysay Award 2024 lainnya yaitu Gerakan Dokter Pedesaan Thailand, Nguyen Thi Ngoc Phuong, seorang dokter Vietnam yang merawat pasien yang terkena dampak dari bahan kimia beracun yang digunakan oleh Amerika Serikat pada masa Perang Vietnam, dan Karma Phuntsho, pendiri sebuah badan amal pendidikan di Bhutan.

Sebagai pemenang Magsaysay tahun ini untuk kategori Emerging Leadership, Farwiza Farhan dari Indonesia, yang mengepalai sebuah yayasan yang didedikasikan untuk melindungi Ekosistem Leuser di Pulau Sumatra, berhasil terpilih.

Yayasan Ramon Magsaysay mengatakan bahwa Farwiza memenangkan penghargaan tersebut karena pemahamannya yang mendalam mengenai hubungan yang sangat penting antara alam dan umat manusia.

Menurut yayasan tersebut, yayasan ini juga bertujuan untuk melanjutkan warisan Magsaysay dalam hal pelayanan publik dan idealisme pragmatis.