Berita Jepang | Japanesestation.com

Rabu lalu, Fujifilm Holdings Corp menyatakan bahwa pihaknya memulai uji coba fase III percobaan obat Avigan untuk menangani COVID-19 di Jepang.

Avigan merupakan obat antivirus yang mengandung favipiravir. Saat ini, Avigan sedang diteliti lebih lanjut untuk menangani infeksi virus Corona. Kendati demikian, penduduk Jepang sepertinya agak sulit menerima antivirus tersebut sebagai solusi untuk mengatasi virus corona setelah panel kementerian kesehatan mengatakan bahwa data uji coba tidak meyakinkan pada Desember lalu.

obat virus corona Jepang japanesestation.com
Avigan (Fujifilm via kyodonews.net)

Selama bertahun-tahun, Fujifilm beralih dari bisnis kamera tradisional menjadi perawatan kesehatan. Studi double-blind, menargetkan pasien berusia 50 tahun ke atas serta mereka yang berisiko mangalami  kondisi serius.

Avigan yang secara umum dikenal sebagai favipiravir, telah dipelajari dalam puluhan uji coba di seluruh dunia dan telah disetujui sebagai pengobatan COVID-19 di Rusia, India, dan Indonesia. Tetapi kekhawatiran masyarakat tetap ada, karena obat tersebut terbukti menyebabkan cacat lahir pada penelitian hewan.

Jepang sendiri telah menyetujui Avigan sebagai obat flu darurat, dan pemerintah tahun lalu meminta Fujifilm untuk memperbanyak persediaan obat tersebut secara nasional.