Share on

Semakin hari Jepang semakinmuslim friendlydimulai dari berbagai restoran dengan makanan yang bersertifikat halal hingga penyediaan tempat ibadah seperti mesjid dan mushola yang dapat digunakan para kaum muslim yang berada di Jepang. Tokyo memiliki beberapa masjid yang sering digunakan para muslimin di sana, bahkan mereka sering membagikan makanan iftar gratis bagi para muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan. Kira - kira apa sajakah mesjid di Tokyo tersebut?

Tokyo Camii & Turkish Culture Center
Inilah 5 Masjid di Tokyo, Salah Satunya Adalah Masjid Indonesia
Tokyo Camii

Tokyo Camii juga dikenal sebagai Masjid Tokyo, adalah sebuah masjid dengan pusat kebudayaan Turki yang terletak di distrik yama-ch di Shibuya di Tokyo, Jepang. Ini adalah masjid terbesar di Jepang. Masjid ini awalnya dibangun bersama dengan sekolah di sebelahnya pada 12 Mei 1938 oleh para imigran Bashkir dan Tatar dari Rusia yang datang ke Jepang setelah Revolusi Oktober. Mesjid ini dibuat di bawah arahan Abdrreid brahim, Imam pertama masjid, dan Abdlhay Kurban Ali.

Masjid Otsuka
Inilah 5 Masjid di Tokyo, Salah Satunya Adalah Masjid Indonesia
Masjid Otsuka

Japan Islamic Trust telah meluncurkan perluasan Masjid Otsuka. Masjid ini direformasi pada tahun 1999 Desember untuk menyediakan tempat doa bagi komunitas Muslim. Masjid ini menjadi pusat kegiatan untuk seluruh komunitas dan diperluas untuk menyediakan lebih banyak tempat untuk tempat berdoa dan juga untuk melakukan berbagai kegiatan agama, sosial dan kesejahteraan yang merupakan bagian dari program dakwahnya di Jepang.

Masjid Asakusa
Inilah 5 Masjid di Tokyo, Salah Satunya Adalah Masjid Indonesia
Mesjid Asakusa

Masjid Daar Al-Arqam atau yang biasa dikenal dengan Masjid Asakusa adalah sebuah masjid yang terletak di pusat kota Tokyo yang dibangun pada tahun 1998. Masjid Masjid Asakusa dikelola oleh Japan Mosque Foundation (JMF) yang merupakan salah satu departemen di institusi Islamic Circle of Japan.

Masjid Hiro-O
Inilah 5 Masjid di Tokyo, Salah Satunya Adalah Masjid Indonesia
Mesjid Hiroo

Masjid Hiroo adalah bagian dari Institut Islam Arab, yang merupakan lembaga pendidikan pertama yang didirikan di ibukota Jepang. Didirikan pada tahun 1982, Institut telah memberikan kontribusi untuk mempromosikan saling pengertian, pertukaran budaya dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Arab serta negara-negara Islam, terutama Arab Saudi.

Masjid Indonesia-Tokyo
Inilah 5 Masjid di Tokyo, Salah Satunya Adalah Masjid Indonesia
Masjid Indonesia-Tokyo

Masjid Indonesia TokyoatauMasjid Meguroadalah sebuah masjid yang sedang dibangun dimulai pada tahun 2015 atas prakarsa warga negara Indonesia yang berlokasi di kotaTokyo.Meski telah direncanakan sejak 15 tahun sebelumnya oleh para pengurusKeluarga Masyarakat Islam Indonesia(KMII) di Jepang serta para tokoh dan cendekiawan Indonesia yang ada di Tokyo, ketersediaan dana dan penentuan lokasi masjid menjadi kendala utama. Dengan dukungan dan intensitas komunikasi serta strategi penggalangan dana antara pengurus KMII,KBRI TokyodanKemenlu-RIbarulah pada hari raya Idul Fitri tahun 2015ground breakingnya dapat dilaksanakan olehYusron Ihza MahendraselakuDuta besar Indonesia untuk Jepang. Masjid ini telah bisa digunakan sejak tahun 2017.

(featured image: Matcha)