Share on

Sebanyak 12 staf dari dua maid café di surga para otaku, distrik Akihabara, Tokyo terkonfirmasi positif virus corona. Kabar tersebut diumumkan oleh Chiyoda Health Center pada Selasa (7/7).   

Advertise With Us

Para staf yang terinfeksi adalah pegawai dari café @home di cabang utama Akihabara dan cabang  Akihabara Don Quijote, termasuk mereka yang bekerja sebagai maid di dua outlet tersebut.  Menurut pusat kesehatan dan beberapa sumber lain, tiga orang staf yang mengalami demam antara 19 hingga 24 Juni lalu terkonfirmasi positif virus corona setelah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR). Setelah itu, 394 dari total 450 orang pegawai café menjalani tes PCR atas intruksi pusat kesahatan. Dari tes tersebut, ditemukan 9 dari 394 orang positif terinfeksi virus corona pada 7 Juli lalu. Ke-9 staf terkonfirmasi positif ini sama sekali tidak menunjukkan gejala. Menanggapi hal ini, operator café megatakan akan menutup sementara kedua cabang tersebut.

Pemerintah menduga bahwa virus tersebut menyebar di ruang istirahat dan kantor café di mana para pegawai berkumpul di tempat yang sama. Sementara itu, pusat kesehatan memutuskan tidak akan melakukan tes pada para pelanggan café setelah menimbang beberapa alasan, seperti para pengunjung tidak terlibat kontak langsung dengan para staf yang terinfeksi, para staf yang menyajikan makanan pun menggunakan masker dan café telah melakukan protokol kesehatan yang ketat.