SHARE THIS ARTICLE

Selain terkenal dengan kecantikan para gadisnya yang disebut Hakata bijin, salah satu distrik di Prefektur Fukuoka ini juga memiliki dialek yang berbeda dengan daerah lainnya di Jepang. Beberapa contoh yang membedakan dialek Hakata dengan bahasa Jepang pada umumnya adalah kata tanya yang dipakai untuk menanyakan sesuatu biasanya diakhiri dengan kata -to?. Selain itu banyak pula yang mengatakan kalau hakata-ben adalah salah satu dialek yang terdengar lucu di Jepang.

1. Suito

Untuk kalian yang mengidolakan idol group HKT48, mungkin pernah mendengar kata “suitochan!” yang diteriakkan fans saat lagu Kimi no Koto Suki Yaken dinyanyikan. Kata ini memiliki arti yang sama dengan “suki desu” yang berarti “suka,” yang biasanya digunakan ketika ingin mengungkapkan perasaan suka pada seseorang. Ditambah dengan pose kabe-don, kata suito ini cocok untuk kalian yang ingin menyatakan perasaan kepada gadis-gadis dari Fukuoka. Selamat mencoba!

2. Yokabai

Yokabai dalam standar bahasa Jepang umum digunakan untuk mengatakan “ii desu ne” yang berarti “bagus ya.” Yokabai merupakan salah satu frase paling populer yang digunakan oleh orang-orang Fukuoka dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jadi saat berada di prefektur tersebut ada baiknya kalian gunakan kata itu untuk berkomunikasi dengan mereka!

3. Shekarashika

Shekarashika digunakan sebagai judul lagu untuk single ke-6 idol group HKT48. Kata tersebut dalam dialek Hakata berarti “berisik” atau bisa juga “mengganggu.” Kalian dapat menggunakannya untuk menyuruh teman kalian tutup mulut, seperti bagaimana orang di bagian lain Jepang mengucapkan kata “urusai.”

4. Asobanne

Kata standar bahasa Jepang untuk “bermain” adalah asobu, yang sering digunakan ketika ingin mengundang seseorang datang ke pesta untuk bersenang-senang bersama. Orang-orang di Fukuoka menggunakan kata asobanne untuk menggantikan kata asobu.

5. Bari

Bari merupakan kata lucu yang akan membantu kalian mendapatkan hati para Hakata bijin. Dalam dialek hakata, bari berarti “sangat.” Kalian bisa memuji mereka dengan kalimat “bari kawaii” yang berarti “sangat lucu.”

Source : http://wasa-bi.com/
COMMENT