Share on

Baru sebulan berselang ketika salah satu pub di Tokyo, Konro-ya, membuat warganet memuji sistem tidak biasa untuk pemberian harga bir mereka. Pelanggan yang bersikap sopan dan menggunakan frasa “Permisi, tolong satu bir" ketika berbicara dengan pelayan bisa mendapatkan segelas bir dengan harga murah yaitu ¥ 380, sementara pelanggan yang bersikap kurang sopan akan dikenakan harga ¥ 500 jika mereka menggunakan kalimat bernada perintah seperti "Bawakan saya bir". Dan di bagian teratas piramida harga di toko ini, pelanggan yang hanya berteriak “Hei, bir!” akan dikenakan harga 1.000 yen per gelas, harga itu lebih dari dua kali lipat harga yang dikenakan untuk pelanggan yang bersikap sopan.

Advertise With Us

Di bagian bawah daftar harga khusus tersebut, tertulis pesan, "Pelanggan bukanlah dewa. Staf restoran ini juga bukanlah budak. Di restoran ini, setiap orang adalah budak harta berharga".

Dari satu sudut pandang, Konro-ya terlihat menerapkan sistem hukuman untuk para pelanggan kasar mereka, tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang lain, kalian juga bisa mengatakan bahwa mereka tidak terlalu menghiraukan hak pengunjung sebagai raja, dan bahkan menjual mahal hak tersebut. Setelah kabar tentang kebijakan Konro-ya ini tersebar luas, restoran tersebut justru melihat peningkatan tajam dalam jumlah pelanggan yang memesan dengan kalimat "Hei, bir!", kebalikan dari efek yang diharapkan dari pemungutan harga 1.000 yen tersebut.

Naikkan Harga Untuk Pelanggan Yang Memesan Dengan Kasar, Jumlah Pelanggan Yang Kasar di Sebuah Restoran di Jepang Malah Meningkat
Gambar oleh Japan Today

Tidak diketahui secara jelas apakah para pelanggan tersebut memang benar pribadi yang kasar atau hanya sengaja ingin melakukan sesuatu yang mereka pikir lucu untuk dicoba. Bahkan sekarang, Konro-ya, bertujuan untuk ingin mengurangi rasa stress karyawannya, telah menghilangkan kebijakan tersebut. Sebaliknya, mereka sekarang menerapkan sistem pelayanan sendiri, dimana pelanggan bebas untuk mengambil dan menuang semua jenis minuman yang mereka inginkan dengan harga 290 yen per 30 menit.

Jujur saja, agak sulit untuk mengatakan seberapa serius Konro-ya mengenai semua hal ini. Bahkan jika pelanggan meminum satu bir dengan santai setiap 30 menit, ¥ 290 jelas lebih murah daripada bir seharga 380 yen untuk pelanggan sopan dengan sistem pemberian harga yang lama, dan jika restoran benar-benar merasa marah pada para pelanggannya, bukan hal yang tepat jika justru mereka malah memberikan harga murah untuk bir mereka. Walaupun begitu, tetap saja peralihan ke sistem pelayanan sendiri telah diterapkan, karena memang jika kalian tidak dapat meminta sesuatu kepada seseorang dengan sopan, pada akhirnya kalian biasanya harus mendapatkannya sendiri.

Informasi Restoran :

Konro-ya (cabang Iidabashi) / コ ン ロ 家 (飯 田 橋 店) Alamat : Tokyo-to, Chiyoda-ku, Iidabashi 4-5-6, Gedung ECS # 6, lantai 1 東京 都 千代 田 区 飯 田 橋 4-5-6 イ ー シ ー エ ス 第 6 ビ ル 1F Buka : 5.30 PM – 11.30 PM (hari kerja), jam 5 sore - 11 malam (akhir pekan dan hari libur)