Share on

Okamoto Industries, Inc. adalah perusahaan pembuat kondom Jepang terbesar. Kondom mereka terkenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pihak perusahaan prihatin dengan kurangnya pemahaman dan kesadaran akan penggunaan kondom yang benar di kalangan anak muda Jepang. Selama pandemi coronavirus baru dengan meningkatnya angka kehamilan. Menurut sebuah laporan di Japan Times, salah satu pusat konsultasi di Kobe menemukan pertanyaan berkaitan dengan “kehamilan yang tidak diinginkan” berlipat ganda pada bulan Maret 2020, dengan 70% berasal dari siswa remaja. Masalahnya dikarenakan pendidikan seksual (sex education) yang tidak mencukupi, mencakup pemahaman tentang bagaimana menggunakan alat kontrasepsi.

Sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah ini dan menyebarkan pesan kepada orang-orang muda, mereka datang dengan ide untuk menciptakan serangkaian video animasi, dengan gaya retro ringan yang lucu dan memparodikan anime pertempuran. Hasil akhirnya adalah Anime Kondom Jepang : "Condom Battler Goro."

Condom Battler Goro
Condom Battler Goro (grapee.jp)

Para karakter :

Goro (Usia : 24)

Seorang pria muda yang jujur ​​dan hidup terpisah dari ayahnya sewaktu kecil, kemudian dibesarkan oleh ibu dan kakeknya. Meskipun dia ragu-ragu untuk bertarung dan kurang percaya diri pada awalnya, dengan dukungan dari teman-teman beserta gurunya, Goro berkembang menjadi Condom Battler yang hebat dan menyadari tanggung jawabnya. Kondom pilihannya adalah 0,01 mm.

Goro
Goro (grapee.jp)

Miku (Usia : 24)

Teman masa kecil Goro dan merupakan seorang gadis yang populer. Karena kakak laki-lakinya terluka dan terpaksa untuk pensiun sebagai Condom Battler, Miku awalnya menentang Goro ikut bertarung. Miku sebenarnya memiliki perasaan kepada Goro tetapi setengah menyerah karena Goro tidak pernah peka. Untuk menutupi kelemahannya dalam kecepatan, Miku menggunakan kondom yang bisa dipakai dengan menarik pita.

Miku
Miku (grapee.jp)

Hayato (Usia : 24)

Sahabat dari Goro. Meskipun Hayato terlihat selalu bermain-main, dia memperhatikan Goro dengan baik. Pada awalnya ketika Goro baru saja menjadi Condom Battler, Hayato cukup puas menjadi komentator pertempuran. Akan tetapi, perjuangan Goro mengilhami dirinya untuk menjadi seorang Condom Battler juga. Jadi dia bergabung dengannya untuk ujian lisensi profesional. Hayato menggunakan kondom yang sangat tebal, tetapi tidak ada yang bertanya kepadanya tentang hal itu, juga mereka tidak merasa perlu karena dia selalu membawa BIG BOY sebagai cadangan.

Hayato
Hayato (grapee.jp)

Video dengan skrip episode

Okamoto membuat empat video anime kondom Jepang yang dalam siaran pers mereka, dengan berbaik hati mereka menampilkan skrip pada masing-masing video. Keempat video sudah kami sertakan di bawah ini jadi kalian bisa langsung menontonnya!

Anime Kondom Jepang
Anime Kondom Jepang (grapee.jp)

Keempat video tersebut ditampilkan sebagai episode highlight dan masing-masing berdurasi 56 detik, meskipun Okamoto tidak benar-benar membuat episode secara penuh. Setiap cerita memberikan "pelajaran" terkait penggunaan kondom Jepang yang aman.

Catatan: terjemahan Bahasa Inggris bisa dilihat pada gambar.

Episode 1: "Condom Battler Goro Telah Lahir"

Episode 1:
Episode 1: "Condom Battler Goro Telah Lahir" (grapee.jp)

Episode 19: "Tes Kelangsungan Hidup Dimulai"

Episode 19:
Episode 19: "Tes Kelangsungan Hidup Dimulai" (grapee.jp)

Episode 45: "Turnamen Kejuaraan Kondom Dimulai!"

Episode 45:
Episode 45: "Turnamen Kejuaraan Kondom Dimulai!" (grapee.jp)

Episode 56: "Selamat Tinggal, Goro"

Episode 56:
Episode 56: "Selamat Tinggal, Goro" (grapee.jp)

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang proyek anime kondom Jepang - Condom Battler Goro, kalian dapat mengunjungi situs web "Okamoto Lovers' Laboratory".

To be condo...err, to be continued...?