Share on

Beberapa hari yang lalu kita telah membahas maskot Jepang unik yang mewakili makanan khas di Jepang dan juga pemilihan maskot untuk olimpiade Tokyo 2020. Namun ternyata bukan hanya itu, Jepang memiliki maskot untuk segala hal. Menurut survey, negara sakura ini memiliki ribuan maskot. Dari mulai maskot yang berbentuk lucu hingga menjijikan.

Hal yang lebih unik adalah ternyata Jepang memiliki maskot khusus untuk penjara dan alat pengaman hubungan seksual. Dimana hal-hal tersebut adalah sesuatu yang kelam bagi kita. Penasaran dengan maskot unik tersebut? Yuk kita bahas :

Katakkuri-chan: Maskot Penjara Asahikawa
Dari Penjara Hingga Kondom, Jepang Memiliki Maskot Untuk Segala Hal !!
(image : Mondo Mascots)

Mungkin kita berpikir bahwa penjara bukanlah tempat bagi maskot lucu tinggal, tapi di Jepang berbeda. Penjara Asahikawa di pulau utara Hokkaido mengadopsi Katakkuri-chan dalam upaya untuk melunakkan citra gelap dan firasat buruk mengenai penjara. Maskot humanoid ini memiliki tinggi hampir dua meter, memiliki wajah yang tersenyum lebar dan juga hiasan bunga ungu besar untuk rambut. Ia memiliki inkarnasi perempuan dan laki-laki yang dengan bangga mengenakan seragam sipir penjara. Nama maskot dan rambutnya terinspirasi oleh bunga - katakuri - yang mekar di atas gunung dekat penjara begitu salju meleleh.

Jimmy Hattori: Ninja Kondom

Maskot bahkan digunakan untuk mempromosikan seks aman di Jepang, salah satu maskot yang paling terkenal adalah Jimmy Hattori, seorang ninja dengan kondom merah muda besar di kepalanya.

Maskot lain yang mengangkat tema kondom adalah Chomu-chan, karakter lembut yang digunakan oleh pusat informasi AIDS di Yokohama, dekat Tokyo.

Ororon Robo Mebius
Dari Penjara Hingga Kondom, Jepang Memiliki Maskot Untuk Segala Hal !!
(image : Twitter)

"Ororon Robo Mebius", yang menyerupai robot "Transformers" humanoid raksasa, memiliki kaki, lengan, wajah dan tubuh yang semuanya berasal dari maskot yang berbeda yang mewakili berbagai komunitas di Kota Rumoi, Hokkaido.

Meron-Kuma
Dari Penjara Hingga Kondom, Jepang Memiliki Maskot Untuk Segala Hal !!
(image : Buzzfeed)

Tidak semua maskot itu imut. Meron-kuma ("Melon-bear") dari Yubari di Hokkaido datang dalam bentuk beruang mengerikan dengan melon di bagian kepala dan gigi yang tajam. Meskipun demikian, anak-anak menyukai beruang ini.

Marimokkori
Dari Penjara Hingga Kondom, Jepang Memiliki Maskot Untuk Segala Hal !!
(image : Malaysia Marimo)

Satu lagi maskot unik dari Hokkaido. Di Hokkaidō, popularitas Marimo Moss Ball menyebabkan lahirnya karakter maskot aneh tapi lucu yang dikenal dengan nama Marimokkori (ま り も っ こ り). Nama itu adalah singkatan dari Marimo dan Mokkori yaitu "tonjolan" dalam bahasa Jepang. Bagaimana menurut kalian tentang maskot ini?

(featured image : Mondo Mascots)