Share on

Jepang selalu hadir dengan inovasi dan teknologinya yang memukau. Mereka tak pernah berhenti untuk meneliti dan membuat sebuah penemuan-penemuan mutakhir yang bisa membantu kehidupan manusia di dunia. Salah satu penemuan yang akan digunakan di Jepang dalam waktu dekat ini adalah kelas digital yang beroperasi di Sekolah Menengah Pertama di Tokyo.

Advertise With Us

Siswa Jepang mungkin tidak lagi membutuhkan papan tulis dan buku catatan. Mulai bulan April mendatang, sekolah menengah pertama di Tokyo akan menampilkan kelas digital. Universitas Tokyo yang bekerja sama dengan firma TI Fujitsu menjalankan proyek uji coba tahunannya. Uji coba ini terjadi dalam mendukung pemerintah Jepang yang mempromosikan pendidikan menggunakan teknologi digital.

Nantinya, siswa akan menggunakan pena digital untuk mencatat. Sebuah kamera langit-langit menangkap apa yang telah mereka tulis, dan memproyeksikannya di atas meja mereka dan di papan tulis. Sehingga seluruh kelas bisa berbagi informasi.

Sebuah SMP di Tokyo akan Memulai Kelas Digital Tanpa Papan Tulis dan Catatan Pada April Ini
Fujitsu Forum 2017 (image : News on Japan)

Seorang siswa berkata, "Saya bisa menjelaskan proses pemikiran saya dengan lebih baik saat saya bisa menunjukkan catatan saya ke seluruh kelas."

Seorang siswa lain berkata, "Saya dapat berkomunikasi lebih efektif daripada menggunakan kertas saat saya ingin membagikan catatan saya dengan teman sekelas saya di seberang ruangan."

Sistem mencatat catatan dan komentar yang dibuat oleh siswa ini juga bisa memudahkan evaluasi oleh para guru.

(featured image : Wikimapia)