Share on

Jepang dikenal dengan kemajuan teknologinya yang pesat, tak tanggung-tanggung bentuk toilet di sana pun dilengkapi teknologi canggih. Toilet merupakan tempat yang sering digunakan sehari-hari maupun saat travelling. Rata-rata toilet umum di Jepang sangat bersih dan terawat, wisatawan merasa nyaman saat menggunakannya.  Selain itu kamu juga tidak perlu membayar dan sudah disediakan tisu toilet. Kalau kamu berencana mengunjungi Jepang dalam waktu dekat, kamu wajib tahu 10 hal ini tentang toilet Jepang.

Advertise With Us

1. Lokasi yang Tersedia Toilet

Toilet di Jepang tersedia di tempat-tempat yangs dikunjungi para wisatawan seperti bandara, stasiun, dan supermarket menyediakan toilet umum lengkap dengan tisu toilet. Selain itu tidak perlu khawatir kalau kamu harus berkendara jarak jauh dengan bus, karena mereka menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman. Tapi sebelum menggunakan fasilitas toilet tersebut, harap bertanya  dulu, karena ada beberap fasilitas umum yang harus meminta izin sebelum menggunakannya.

2. Macam-macam sebutan toilet

Di Jepang, ada sebutan lain untuk toilet misalnya untuk menjaga sopan santun gunakan kata westafel dan kamar kecil”daripada langsung menyebutkan toilet. Sebaiknya kamu mengetahui beberapa kata ini agar tidak bingung:

  • otearai "bathroom"
  • enmenjo "washroom"
  • keshoshitsu "powder room"
  • oire "toilet"
  • Toilet
  • Lavatory
  • WC
  • Restroom
  • kawaya "toilet"

3. Jenis-Jenis Toilet

Di Jepang, toilet ada tiga jenis toilet:  washiki toire adalah toilet tradisional Jepang, yoshiki toire atau toilet gaya barat, dan takino toire sebutan toilet multifungsi. Di beberapa tempat, kamu mungkin dapat menemukan toilet tradisional Jepang. Tapi akhir-akhir ini  sudah banyak tempat wisata yang menggunakan toilet gaya barat.

Toilet di Jepang, aturan toilet di Jepang
Penggunaan toilet tradisional  harus berjongkok (matcha-jp.com)
Toilet di Jepang, aturan toilet di Jepang
Toiet Gaya Barat yang sudah umum dipakai saat ini (matcha-jp.com)
Toilet di Jepang, aturan toilet di Jepang
Toilet Multifungsi untuk penyandang disabilitas (matcha-jp.com)

4. Fasilitas Toilet yang Ditemukan di Penginapan dan Kamar Tamu

Umumnya,toilet dan kamar mandi biasanya ditempatkan secara terpisah. Tapi ada juga penginapan yang menyediakan toilet dan bathtub terletak di area yang sama dalam kamar mandi.

Toilet di Jepang, aturan toilet di Jepang
Kamar mandi gaya barat, toilet dan bak mandi dalam satu ruangan (matcha-jp.com)

Kamar mandi hotel dilengkapi dengan shower, tetapi hanya dapat digunakan saat berada di bak mandi. Selain itu, membiarkan pintu kamar mandi terbuka saat mandi dapat menyebabkan alarm kebakaran berbunyi, jadi pastikan untuk menutup pintu.

5. Metode Membilas Toilet

Toilet di Jepang, simbol toilet jepang
Tata Cara Menyiram di Toilet Jepang (matcha-jp.com)

Di Jepang, ada beberapa metode membilas toilet tergantung jeni nya. Jika toilet jenis tangki seperti di kiri atas, kamu bisa menyiram toilet dengan menggunakan pegangan di samping tangki. Di fasilitas umum,  toilet yang tidak memiliki tangki dapat disiram dengan menarik tuas di bagian belakang toilet. Atau jika model toiletnya seperti di bawah ini, kamu bisa menekan tombol di dinding atau meletakkan tanganmu di atas sensor.

Toilet di Jepang, simbol toilet jepang
Letakan tanganmu di atas sensor untuk menyiram toilet (matcha-jp.com)

6. Membuang Tisu Toilet

Di Jepang tisu toilet yang telah dipakai bisa dibuang ke kloset bersama dengan kotoran. Tapi perlu diperhartikan kertas tisu yang boleh dibuang langsung ke dalam kloset hanya tisu khusus toilet. Untuk sampah lainnya harus dibuang ke dalam tempat sampah kecil yang sudah disediakan di dalam bilik. Jangan lupa untuk menyiram toilet setelah digunakan agara dapat digunakan oleh orang selanjutnya.

7.  Cara Menggunakan Bidet

Toilet di Jepang, simbol toilet jepang
Tombol Washlet bidet (matcha-jp.com)

Satu hal yang hal yang membedakan toilet Jepang dengan toilet di negara lain adalah bidet. Toilet jenis ini dapat membilas dengan air hangat dan menjaga kursi toilet tetap hangat.  Meskipun tidak tersedia di semua toilet, fungsi-fungsi ini umum di Jepang. Toto adalah merek paling terkenal yang menawarkan teknologi bidet.