Share on

Seperti di Indonesia, mandi adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan. Tapi, ternyata mandi di Indonesia banyak bedanya dengan budaya mandi di Jepang lho, Selain karena biasanya orang Jepang mandi pada malam hari, ternyata cara menggunakan kamar mandinya juga berbeda lho! Penasaran apa saja bedanya? Simak penjelasannya ya!

Nah, kamar mandi di rumah Jepang biasanya terdiri dari dua bagian, sebuah ruangan di mana kamu membuka baju yang dilengkapi dengan wastafel dan kamar mandi yang dilengkapi dengan sebuah shower serta bathtub. Untuk toilet, biasanya ada di ruangan terpisah.

kamar mandi Jepang cara menggunakan japanesestation.com
Kamar mandi Jepang (kanpai-japan.com)

Nah, sebelum masuk ke bagaimana sih tata cara masuk ke bathtub, mari kita intip dulu alat-alat wajib yang harus ada di kamar mandi Jepang!

Alat Wajib di Kamar Mandi Jepang

Jika di kamar mandi kita biasanya ada keset kamar mandi dan tempat sikat gigi, kamar mandi Jepang punya beberapa item berbeda. Apa saja?

Bangku

Pertama, bangku. Ya, bangku ini sangat penting lho. Orang-orang Jepang akan duduk di atasnya, menggosok badannya hingga bersih lalu berendam deh di dalam bathtub. Adanya bangku membuat membersihkan badan terasa lebih nyaman kan?

Ember

Kamar mandi Jepang juga memiliki ember kecil. Ember-ember ini digunakan untuk mencuci mukamu, wajahmu, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan aneh jika menemukan ember kecil di kamar mandi rumah Jepang ya.

Bagaimana Tata Cara Menggunakan Bathtub di Jepang?

kamar mandi Jepang cara menggunakan japanesestation.com
Kamar mandi Jepang (japan-guide.com)

Sepeti sudah disebutkan di atas, mandi ala orang Jepang berarti membersihkan badan terlebih dahulu dengan shower atau gayung lalu berendam di dalam tub, mirip seperti saat kamu berendam di sebuah onsen (pemandian air panas) atau sento (pemandian umum. Nah, suhu air yang digunakan biasanya antara 40 hingga  43 derajat Celcius.

Setelah berendam, tinggalkan tub sebentar dan bersihkan dirimu dengan sabun. Pastikan sabunnya tidak bercampur dengan air di tub ya! Nah, setelah badanmu bersih dari sabun, masuklah kembali ke dalam tub dan berendam sekali lagi. Setelah selesai berendam, tinggalkan air untuk keluargamu yang lain ya!

kamar mandi Jepang cara menggunakan japanesestation.com
Ilustrasi masuk dalam bathtub (jpninfo.com)

Nah, ternayata ada beberapa keluarga yang mandi dalam waktu tidak bersamaan lho. Bagi keluarga seperti ini, biasanya mereka menggunakan sebuah tutup tub yang disebut futa, berguna untuk menjaga air tetap hangat. Jika mereka tidak memilikinya, biasanya air dihangatkan kembali dengan sistem pompa  yang menyebarkan air ke dalam pemanas (water heater) dan dapat dikontrol dengan sebuah panel yang ada di dinding.

Jika dilihat sepintas, kamar mandi Jepang merepotkan sekali ya? Tapi memang begitulah tata cara menggunakan akmar mandi ala orang Jepang. Meskipun begitu, kamu tidak perlu kok melakukan semua itu jika berkunjung ke Jepang nanti dan menginap di hotel (kecuali jika hotelnya adalah ryokan yang memiliki onsen ya!), tapi jika ingin mencobanya, kenapa tidak? Bisa jadi pengalaman baru buatmu!

Sumber:

Kanpai Japan

Japan Guide

Japan Info