Berita Jepang | Japanesestation.com

Beberapa waktu lalu, JS pernah mengunggah artikel tentang penemuan Jepang yang mengubah kehidupan umat manusia kan? Nah, ternyata masih banyak banget lho penemuan Jepang yang bikin hidup kita tambah praktis dan benda-bendanya pun ternyata adalah benda sederhana yang kerap kita temukan sehari-hari. Nah, apa saja benda penemuan Jepang yang bikin hidup kita tambah praktis itu? Berikut daftarnya!

1. Selfie Stick

penemuan jepang praktis japanesestation.com
Selfie stick (livejapan.com)

Teman-teman pasti kenal kan dengan benda satu ini? Ya, selfie stick alias tongsis adalah benda yang membuat selfie lebih mudah. Kini, tongsis juga ada yang dilengkapi dengan timer dan remote control, makin mudah saja!

Nah, selfie stick ditemukan di Jepang pada 1983, jauh sebelum handphone muncul. Saat itu, alat ini disebut dengan nama “extender” dan dirilis seagai aksesori bagi kamera mini pada saat itu, Minolta Disc-7. Sayangnya, saat itu benda ini cukup berat dan kurang praktis.

Huawei MatePad Pro

Selfie stick kembali jadi tren pada 2014 setelah smartphone booming. Bahkan, majalah Times menobatkan tongsis sebagai salah satu dari penemuan terbaik 2014 meski tak banyak yang tahu kalau prototype benda ini ternyata berasal dari Jepang!  

2. Kamera Handphone

penemuan jepang praktis japanesestation.com
Handphone berkamera (livejapan.com)

Kini, semua handphone pasti hadir bersama kamera yang membuatmu bisa mengambil foto kapan pun dan di mana pun. Nah, tahukah teman-teman kalau handphone dengan kamera pertama berasal dari Jepang?

Handphone berkamera pertama adalah KYOCERA VP-210 Visual Phone yang dirilis pada tahun 1999. Namun, saat itu Jepang memang bertujuan untuk mempuat handphone ini sebagai video mobile phone yang berarti kamera hanya ada di depan untuk menunjukkan wajah si pengguna. Karena itu, handphone ini kurang sukses.

Nah, handphone pertama yang mempopulerkan handphone berkamera adalah Sharp J-SH04 produksi J-Phone (kini Softbank) yang dirilis pada tahun 2000. Saat itu, inspirasi untuk membuat handphone berkamera datang dari kombinasi handphone dengan kamera sekali pakai yang sangat populer di kalangan gadis SMA saat itu.

Kalau sekarang, kamera sudah jadi fitur wajib untuk handphone ya?

3. Pensil Mekanik

penemuan jepang praktis japanesestation.com
Pensil mekanik (livejapan.com)

Pensil mekanik alias sahabat terbaik bagi para pelajar dan semua orang di dunia yang praktis tanpa perlu diserut ini juga ternyata penempuan Jepang lho! Memang, prototype dari pensil ini dipatenkan oleh Sampson Mordan dan John Isaac Hawkins pada 1822, namun, pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa menegmbangkannya setelah pada tahun 1877, “Propelling Pencil” yang mudah rusak dan tidak praktis masuk ke Jepang. Hayakawa membuat lead-nya terdorong otomatis dengan memutar sekrupnya dan membuat mekanisme untuk membuat lead jatuh dengan sempurna saat didorong secara maksimal. Ia pun mendapatkan hak paten atas pensil ciptaannya pada 1915, Jadi deh pensil mekanik yang kita kenal sekarang!

4. Obat nyamuk bakar

penemuan jepang praktis japanesestation.com
Obat nyamuk bakar spiral (livejapan.com)

Pasti teman-teman kenal kan sama benda satu ini? Atau malah teman-teman memakainya di rumah? Alat berbentuk spiral untuk memerangi nyamuk ini terbuat dari obat anti serangga pyrethrin yang berada dalam pellitory Dalmatian. Asap dari zat ini menyerang sistem tubuh nyamuk dan serangga lain, membuat mereka “mabuk.”  

Nah, penemu obat nyamuk bakar adalah Eiichiro Ueyama yang juga merupakan pendiri perusahaan Dainihon Jochugiku. Prototype dari benda ini adalah sebuah stik sepanjang 20 cm yang mirip dengan dupa yang digunakan di altar Buddha. Namun, stik tersebut terbakar terlalu cepat, hanya 40 menit saja. Saat itulah, istrinya memberi ide: “Bagaimana jika membuatnya spiral dan lebih tebal agar bisa habis pada malam hari?” Dari sinilah obat nyamuk bakar spiral berasal!

5. Mie instan cup

penemuan jepang praktis japanesestation.com
Mie instan cup (livejapan.com)

Saat lapar tapi malas memasak, mie instan dalam cup bia jadi pilihan terbaik. Tinggal seduh dengan air panas dan tunggu deh!

Nah, ternyata mie instan cup juga merupakan penemuan Jepang lho. Mie instan cup pertama adalah “chicken ramen” yang dibuat oleh seorang penemu Jepang-Taiwan bernama Momofuku Ando pada 1958. Ia membangun sebuah pondok mungil di halaman rumahnya dan mencari cara bagaimana membuat ramen yang dapat disantap hanya dengan air panas. Dan akhirnya, ia berhasil membuat “ramen ajaib” yang bisa disantap hanya dengan menuangkan air panas dan menunggu selama 2 menit saja. Ramen ajaib inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal dari berbagai mie instan cup serta makanan instan lain yang bisa disantap hanya dengan menyeduhnya saja!

Itulah 5 penemuan Jepang yang bikin hidup manusia tambah praktis!