Share on

Bagi kalian yang sering menonton anime atau membaca manga, tentu sudah maklum bahwa masyarakat Jepang adalah masyarakat yang sangat menjunjung disiplin dan tata krama. Baik di rumah, sekolah, maupun tempat kerja, orang Jepang dididik untuk senantiasa menerapkan tatakrama dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa tata krama yang harus dipahami dalam dunia bisnis dan perkantoran di Jepang.

Tata Krama di Dunia Bisnis Jepang yang Wajib Dikuasai Salaryman
(image: manner.sakura.ne.jp)

1. Jika kalian diantar ke dalam kantor atau ruangan, kalian tidak boleh duduk sampai dipersilakan.

2. Jika berkunjung ke kantor perusahaan lain, lepaskanlah jas, kemudian lipat dengan rapi dan gantungkan di lengan.

3. Pada saat masuk lift, urutan masuk sangat penting. Tamu harus menjadi yang pertama masuk, kemudian atasan. Bawahan dan orang yang baru masuk perusahaan masuk paling akhir, dan bertugas menekan tombol.

4. Ketuk 3 kali saat akan masuk ke dalam ruangan.

5. Bahkan di ruang rapat sekalipun, posisi duduk antara bawahan dan atasan sudah ditentukan, jadi jangan sembarang mengambil tempat duduk.

6. Jangan pernah menyimpan kartu nama yang kalian terima menggunakan dompet atau saku. Selalu gunakan name card case untuk menyimpan kartu nama.

Tata Krama di Dunia Bisnis Jepang yang Wajib Dikuasai Salaryman
Name card case (image: rakuten.co.jp)

7. Setelah bertukar kartu nama, jangan langsung simpan kartu nama yang kalian terima. Simpanlah kartu nama tersebut di meja di hadapan kalian. Jepang memiliki tata krama tersendiri mengenai hal ini. Jika kalian langsung menyimpan kartu nama setelah menerimanya, kalian akan dianggap kurang menghargai lawan bicara, namun jika kalian terlalu lama menaruh kartu nama tersebut di depan, maka bisa jadi akan dianggap kalian melupakan kartu nama itu. Cara yang terbaik adalah, simpan kartu nama yang kalian terima bersamaan dengan saat lawan bicara kalian menyimpan kartu nama yang ia terima.

8. Saat memberikan kartu nama, posisikan kartu nama kalian pada posisi yang lebih rendah dari posisi kartu nama lawan bicara.

9. Jika minum-minum dengan orang kantor, pada saat bersulang, orang yang jabatannya lebih rendah akan menurunkan posisi gelasnya sehingga orang yang jabatannya lebih tinggi, posisi gelasnya pun lebih tinggi.

10. Pada saat mengantar tamu keluar dari kantor, jangan tinggalkan tempat sampai pintu lift tertutup sepenuhnya. Hal yang sama berlaku jika mengantar tamu ke mobilnya, kalian harus tetap di tempat sampai mobilnya tidak terlihat. Pada dasarnya, kalian harus tetap berada di tempat sampai sosok tamu tidak terlihat lagi.

Tata Krama di Dunia Bisnis Jepang yang Wajib Dikuasai Salaryman
(image: pbs.twimg.com)

Poin-poin di atas hanya sebagian dari banyak tata krama yang harus dikuasai orang-orang yang bekerja di perusahaan Jepang, atau bekerja dengan orang Jepang. Sebenarnya masih banyak tata krama yang berlaku dalam dunia bisnis di Jepang. Biasanya di Jepang sendiri, perusahaan akan melakukan training tata krama bagi karyawan yang baru masuk perusahaannya. Nah, buat kalian yang beraspirasi bekerja di Jepang atau di perusahaan Jepang, jangan lupa tata krama di atas ya!

(Featured image: news.mynavi.jp)