Share on

Menurut survey yang dilakukan oleh pembuat jam Seiko pada sebanyak 3,908 pekerja pria muda di Jepang dengan usia 20-an, diketahui bahwa hampir 30 persen dari mereka memiliki kekasih di tempat kerjanya (15.1 persen berpacaran dan 14 persen yang sudah menikah). Dan yang mengejutkan, kebanyakan dari para pria ini memiliki hubungan dengan rekan wanita yang lebih tua dibandingkan dengan yang seumuran atau lebih muda.

pria muda di jepang

Menurut data yang diberikan, para pria yang telah memiliki hubungan ini sebanyak 41.3 persennya mengatakan bahwa pasangannya adalah wanita yang lebih tua usianya, sedangkan 30.1 persen memiliki pasangan yang lebih muda, dan 28.6 persen memilki pasangan yang seumuran.

Perbedaan usia antara keduanya juga beragam, berikut datanya:

1-3 tahun lebih tua: 49.6 persen 4-6 tahun lebih tua: 30.1 persen 6-9 tahun lebih tua: 11.9 persen 10-14 tahun lebih tua: 5.4 persen Lebih dari 15 tahun: 3 persen

Survey ini juga menanyakan pendapat para pria muda di Jepang tersebut mengenai ‘apa yang menarik mereka pada pasangannya’ diluar usia yang lebih tua maupun tidak, dan kebanyakan jawaban yang diberikan adalah ‘perilaku yang baik’ dan ‘suasana kedewasaannya’. Berikut adalah jawaban yang diberikan:

Sifat baiknya: 42 persen Kedewasaannya: 42.3 persen Dia baik kepadaku: 36.9 persen Orangnya modis: 26.7 persen Kepintarannya: 20.2 persen

Hubungan asmara antara sesama rekan kerja adalah hal yang biasa di Jepang, banyaknya kegiatan sosial bersama rekan setelah jam kerja juga membuat sulit untuk bertemu orang diluar lingkungan kerja, sehingga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya orang yang menemukan pasangannya di tempat kerja.

Image: publicdomainq