Share on

Ada sesuatu yang sangat menarik dari toilet modern di negeri sakura, mulai dari banyaknya tombol-tombol, kursi penghangat dan semprotan pembersih, semuanya menawarkan pengalaman tidak biasa yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain. Tak heran jika toilet di Jepang juga sangat disukai oleh para wisatawan dari seluruh dunia, karena kebersihan dan teknologinya, meskipun terkadang sedikit membingungkan karena banyak tombol yang dapat membersihkan penggunanya tanpa perlu lagi memakai tisu toilet.

Advertise With Us

Karena popularitasnya ini jugalah, ada permintaan untuk menyediakan lebih banyak fungsi toilet dalam beberapa tahun terakhir.

Toilet di Jepang memiliki berbagai fungsi yang mungkin terlihat sedikit membingungkan pada awalnya, dan ketika menekan tombol yang salah saat coba menyiram, mungkin justru menjadi kejutan yang kurang menyenangkan bagi penggunanya.

Berikut adalah panduan untuk menggunakan toilet duduk modern di negara tersebut, termasuk juga rincian fungsi tombol yang berbeda-beda dalam bahasa Jepang dan terjemahannya.

止 - Stop おしり - Membersihkan bagian belakang ビデ - Bidet 乾燥 - Pengering 弱 - Weaker 水勢 - Tekanan Air 強 - Stronger パワ ー 脱臭 - Powerful Deodorizer 入/切 - On / Off 運転 - Tombol Operasi / Utama 温水 - Air Panas 便座 - Dudukan Toilet 脱臭 - Deodorizer 節電 中 - Mode Hemat Daya 高 - Tinggi 低 - Rendah タイマ ー 節電 - Timer おまかせ 節電 - Mode Hemat Daya ノズルそうじ - Nozzle Cleaning

Belum lama ini, simbol piktogram tentang cara menggunakan toilet di Jepang, terutama toilet modern juga telah terdaftar sebagai standar Internasional. Pengumuman tersebut disampaikan oleh pemerintah Jepang pada bulan Februari kemarin, dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk membuat simbol-simbol tersebut semakin akrab dan mudah dimengerti berhubungan semakin banyaknya turis asing yang berkunjung dan Olimpiade Tokyo di tahun 2020 mendatang.

Mudah-mudahan, dengan mengetahui beberapa fungsi tombol toilet modern di Jepang, kalian tidak lagi bingung dan melakukan kesalahan yang justru membuat malu diri sendiri.