Share on

Siapa yang suka baca manga? Pernah menemukan 1 halaman yang isinya hanya ガーン (gan) atau フッー (fuu)? Dalam istilah linguistik, bunyi ini dikenal sebagai giongo. Giongo (擬音語)adalah kata-kata yang menunjukkan tiruan bunyi  di sekeliling kita yang dihasilkan oleh benda mati ataupun makhluk hidup.

Advertise With Us

Giongo memiliki beberapa karakteristik, dua diantaranya adalah yang berakhiran ン(n) dan ッ(tsu). Berikut adalah beberapa contoh giongo yang bisa kamu temukan di manga Kuroshitsuji V

トン (ton)

Kalau di lihat secara teliti, di sekitar Sebastian terdapat tulisan トン, トン, トン (ton) . Kata ini digunakan untuk melambangkan suara pisau Sebastian yang mengenai talenan ketika sedang memotong sesuatu.

 

バタン (batan)

Pada kolom setelah Ciel menutup pintu, yaitu yang terletak di kanan bawah tertulis kata バタン (batan).  Yup, kata バタン ini digunakan untuk melambangkan bunyi pintu yang di tutup.

 

チッ (chi)

Kata selanjutnya adalah チッ(chi) . Kata ini terdapat di kolom bawah kiri di sebelah kanan kepala Ciel. Kata ini digunakan untuk melambangkan bunyi mendecak. Sering kali digunakan untuk mendecak akibat kekesalan. Kira-kira Ciel kesal karena apa ya?

 

チラッ (chira)

Masih seputar Ciel. Kali ini terlihat di kolom kanan atas terdapat tulisan チラッ(chira). Kata ini digunakan untuk melambangkan seseorang yang mencuri pandang atau sedang mengintip. Wah, sepertinya keributan seperti apa ya yang bisa mencuri pandangan Ciel?

 

フッ (fu)

Selanjutnya adalah kata yang muncul di kolom kedua di sebelah kiri halaman ini. Di sebelah tokoh antagonis tersebut terdapat kata フッ(fu) . Kata ini biasanya digunakan untuk melambangkan bunyi senyum sinis. Di chapter ini Sebastian memasukkan coklat Phantom ke dalam racikan kare-nya. Bunyi フッ itu adalah respon si tokoh antagonis terhadap hal tersebut. Di dunia nyata kare di tambah coklat enak ga ya?

Jadi, itulah 5 contoh giongo atau kata yang melambangkan bunyi yang muncul di manga Kuroshitsuji. Di manga yang teman-teman baca apakah muncul kata yang sama? Atau ada kata lain yang lebih menarik?

(Featured image: Japanese Station) (Learning Japanese supported by: Aki no Sora)