Share on

Kebiasaan masyarakat Jepang yang dikenal tak pernah membuang sampah sembarangan dan sangat menyukai kebersihan, membuat lingkungan di negara berjuluk negeri sakura ini pun terlihat sangat bersih, indah serta tertata rapi. Kebiasaan positif ini juga ternyata mereka bawa ketika berpergian ke luar negeri, seperti ketika para suporter Samurai Biru datang langsung ke Rusia untuk mendukung tim kebanggaannya berlaga di ajang Paial Dunia 2018 lalu, mereka bahkan melakukan aksi bersih-bersih stadion pasca laga berakhir.

Advertise With Us

Baru-baru ini, seorang netizen asal Malaysia membagikan kisahnya saat melihat dengan dua orang Muslim asal Jepang (terlihat dari pakaian), yang tengah melaksanakan Ibadah Haji tahun ini. Ia merekam dan kemudian membagikan video singkat itu di situs jejaring sosial Facebook.

https://www.facebook.com/azmiam/videos/10216386064185044/

"Ketika Muslim Jepang pergi untuk menunaikan Ibadah Haji .....," tulis Azmi Ahmed di Facebook. Dalam video singkat berdurasi sekitar 1 menit tersebut memang terlihat ada dua orang Muslim asal Jepang yang tengah berjalan, di mana satu diantaranya mengenakan rompi bergambar bendera negeri sakura. Satu dari mereka memungut sampah-sampah yang terlihat ketika berjalan, sementara satu orang lainnya memegang sebuah plastik dan digunakan untuk menampung sementara sampah-sampah yang mereka ambil.

Sontak aksi ini pun tak luput dari mata para pengguna media sosial dan mendapat banyak pujian, "Betapa mudahnya mereka mendapat pahala. Semoga mendapat Haji yg mabrur," balas Rosli Abdul Rahim di kolom komentar.

"Kerana kebersihan itu juga Iman...," tambah pemilik akun Facebook Fatin Nuraisyah.

Tidak diketahui secara pasti kapan tepatnya video tersebut diambil, karena sang pengunggah sendiri memang tidak mencamtumkan tanggal dan lokasi pastinya. Namun video yang menampilkan tindakan positif dua Muslim asal Jepang ini diunggah pada tanggal 29 Juli lalu, dan saking populernya, video-nya telah ditonton lebih dari 700 ribu kali, serta dibagikan sebanyak 17 ribu kali di jejaring sosial Facebook.