Share on
Menyewa apartemen terdengar mudah. Namun, beda ceritanya jika kamu ingin menyewa apartemen di Jepang. Banyak hal yang perlu disiapkan sebelum bisa menyewa sebuah kamar apartemen di negeri  sakura ini. Apa saja?

Uang

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum menyewa apartemen di Jepang adalah uang yang banyak. Iya, banyak. Menyewa apartemen di Jepang memang membutuhkan banyak uang, mulai dari biaya deposit, biaya agensi real estate, sewa kunci, dan masih banyak lagi.
Ingin Menyewa Apartemen di Jepang? Ini yang Harus Disiapkan
Uang untuk menyewa apartemen (theculturetrip.com)
Penasaran sebesar apa biayanya? Berikut rincian biaya untuk menyewa apartemen standar dengan harga 80.000 yen per bulan yang dilansir dari Gaijin Pot.
  • Deposit (biaya perbulan) = 80,000
  • Uang sewa kunci (perbulan) = 80,000
  • Biaya agensi (hingga 1,5 bulan penyewaan) = 120,000
  • Biaya penyewaan pertama = 80,000
  • Asuransi properti = 15,000
  • Biaya pemeliharaan = 10,000
  • Biaya penukaran kunci = 12,000
Total: 397,000 yen! Banyak bukan? Karena itu, siapkan dulu uangmu ya sebelum menyewa.

Agen

Biasanya, setelah memilih area yang ingin ditinggali, agen  akan menanyakan apa saja yang kamu inginkan untuk apartemenmu nanti. Setelah itu, mereka akan mengajakmu untuk melihat-lihat calon apartemenmu.  Jangan lupa untuk menggunakan nomor telepon Jepang jika menyewa dari Jepang ya.

Passport dan Visa

Ingin Menyewa Apartemen di Jepang? Ini yang Harus Disiapkan
Visa Jepang (theculturetrip.com)
Ada 2 hal yang harus kamu perlihatkan sebelum menyewa apartemen di Jepang, yaitu passport dan visa atau ID siswa. Kamu harus memperlihatkan fotokopi berwarna dari halaman passport, visa, atau ID siswamu. Jika visamu adalah visa turis, kamu hanya bisa menyewa apartemen dalam waktu singkat.

Akun bank Jepang

Ingin Menyewa Apartemen di Jepang? Ini yang Harus Disiapkan
Buku tabungan Jepang (japanvisitor.com)
Meski kamu bisa membayar biaya deposit awal dengan akun bank internasional, akun bank Jepang sangat dibutuhkan ketika kamu ingin membayar biaya sewa perbulan. Jadi, jangan lupa membuatnya ya sebelum menyewa.

Fotokopi gaji atau buku tabungan

Sebelum menyewa, kamu harus membuktikan bahwa kamu mampu membayar biaya perbulan dengan menyertakan fotokopi  gaji 3 bulan terakhir  dan pemasukan pertahun, atau fotokopi buku tabunganmu jika kamu belum bekerja.   Biasanya, para agen akan memasang harga sekitar 30% dari penghasilanmu. Jadi, kamu harus membuktikan kamu mampu membayar setiap bulan.

Kontak Lokal Darurat

Jika suatu saat kamu terpaksa meninggalkan Jepang, kontak lokal darurat ini akan sangat diperlukan. Jika sulit mencari orang Jepang yang ingin menjadi kontakmu, harap masukan nomor kontak perusahaan tempatmu bekerja. Selain itu, kontak-kontak ini juga digunakan para agen sebagai referensi untuk melihat karakter calon penyewa. Jadi, bersikaplah baik sebelum menyewa apartemen ya!

Penjamin

Meskipun kamu telah memperlihatkan bahwa kamu mampu membayar biaya perbulan, kamu tetap membutuhkan penjamin yang dapat menjamin pembayaran biaya sewa jika kamu tidak bisa membayar. Biasanya, penjamin untuk orangyang berasal dari luar Jepang adalah perusahaan tempat mereka bekerja. Jika kamu menemukan seorang penjamin, mereka harus mempersiapkan berbagai macam dokumen, seperti sertifikat tempat tinggal dan statement penghasilan dari kantor pemerintahan setempat. Mereka juga wajib membuktikan kalau bisa penghasilan mereka 3 kali lipat dibanding harga sewa apartemen. Jika tidak, mereka tidak akan bisa jadi penjaminmu. Bagaimana? Jangan lupakan hal ini ya sebelum menyewa apartemen di Jepang!