Share on

Ilmuwan atau ahli sains dan beberapa pekerjaan yang berada di lapangan seperti pemain baseball atau pemain bola menjadi pekerjaan yang didambakan oleh anak laki-laki di Jepang. Ini adalah pertama kalinya dalam 15 tahun, bahwa kategori ilmuwan yang biasanya di dalam ruangan dapat mengalahkan pekerjaan jenis olahraga yang selalu populer dan menduduki peringkat teratas baik peringat kesatu ataupun kedua.

Untuk anak perempuan, pekerjaan yang bersangkutan dengan dunia kuliner, termasuk pastry chef dan pembuat roti, berada di puncak klasemen selama 21 tahun berturut-turut. Di posisi kedua terdapat pekerjaan di dunia medis seperti perawat, dan diikuti oleh guru pra-sekolah atau paud dimana banyak anak-anak yang dititipkan di dalamnya.

Ilmuwan Menjadi Pekerjaan Paling Didambakan Oleh Anak Laki-laki Jepang
(image : Asahi)

Survei tahunan tentang apa yang anak inginkan saat mencapai usia dewasa dilakukan oleh Dai-ichi Life Insurance Co. Kemudian hasilnya telah dirilis pada tanggal 5 Januari lalu.

Seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi ilmuwan / ahli sains mengatakan ia ingin menemukan metode untuk menyembuhkan kanker sepenuhnya. Yang lain mengatakan ia ingin mengembangkan robot yang akan dan dapat bermain dengannya. Seorang gadis dalam survei tersebut mengatakan bahwa dia bermimpi untuk membuka kafe dimana dia bisa memasak makanan dengan sayuran yang ditanam sendiri di kebunnya.

Pemain baseball atau sepak bola telah merebut posisi teratas sejak tahun 2003, namun ilmuwan / ahli sains kini telah naik ke posisi paling atas dibandingkan tahun lalu. Ini mungkin merupakan hasil dari panduan kurikulum sekolah yang telah direvisi dimana kurikulum lebih mendorong perhatian anak ke dalam mata pelajaran sains, serta  dapat juga merupakan dampak dari serangkaian ilmuwan Jepang yang memenangkan Hadiah Nobel akhir-akhir ini.

Kuesioner nasional ini diambil dari 1.100 anak-anak, termasuk anak-anak yang sekolah di pra-sekolah, taman kanak-kanak dan sekolah dasar dari kelas pertama sampai kelas enam. Pengambilan datanya sendiri telah diadakan dari bulan Juli hingga September 2017.

Kalau kalian, cita-citanya apa?

(featured image : pinterest)