Share on

Apa yang biasanya kamu lakukan di hari ulang tahunmu? Mungkin menerima hadiah, dan mungkin bahkan mengadakan pesta. Di negara barat, biasanya ulang tahun seseorang dianggap sebagai hari yang sangat penting yang harus dirayakan, bahkan jika orang tersebut sudah berusia lanjut! Bagaimana dengan di Jepang? Apa tradisi dan kebiasaan ulang tahun di Jepang, dan apa bedanya dengan apa yang biasa kita lakukan?

Advertise With Us

Tahukah kamu? Orang-orang di Jepang baru mulai punya kebiasaan merayakan hari ulang tahun seseorang dari tahun 1950! Sebelumnya tahun itu, hanya ada satu hari untuk merayakan ulang tahun semua orang, yaitu setiap hari tahun baru. Ini karena orang-orang Jepang di zaman dulu berpikir semua orang bertambah tua pada hari tahun baru, bukan pada hari mereka dilahirkan. Namun, setelah perang berakhir, Jepang mulai dipengaruhi oleh budaya Barat, jadi mereka juga mulai merayakan hari ulang tahun pada tanggal kelahiran yang sebenarnya.

Perayaan Ulang Tahun Saat Ini

Saat ini, orangtua di Jepang pasti merayakan ulang tahun anak-anak mereka. Mereka mengadakan pertemuan kecil untuk anak mereka bersama teman-temannya, dan membeli kue. Kue yang disajikan biasanya sponge cake Victoria dengan krim putih, dipesan secara custom, dan jumlah lilin tergantung pada usia anak yang berulang tahun. Lagu Selamat Ulang Tahun dinyanyikan dalam bahasa Inggris, dinyanyikan dalam gelap sampai yang ulang tahun meniup lilin. Bagian ini sangat mirip dengan budaya Barat.

ulang tahun
Cara orang Jepang merayakan ulang tahun (tofugu.com)

Lain halnya dengan orang dewasa. Sudah menjadi kebiasaan bagi teman-teman untuk mengadakan pesta untuk orang yang berulang tahun, dan semua tagihan ditanggung oleh para tamu, agar orang yang berulang tahun dapat menikmati harinya tanpa khawatir tentang uang. Membayar untuk acara ulang tahun teman tersebut dianggap sebagai "hadiah" secara berkelompok.

Festival Jepang

Menariknya, ada beberapa hari khusus di Jepang untuk yang merayakan pertambahan usia. Ini termasuk hari Sichi-Go-San (7-5-3) yang diadakan setiap 15 November, di mana anak perempuan berusia tujuh dan tiga tahun, dan anak laki-laki berusia lima dan tiga tahun, mengenakan kimono dan dibawa ke kuil untuk berdoa demi kesehatan dan kehidupan yang panjang dan bahagia. Mereka juga diberi "chitose ame", atau permen seribu tahun sebagai simbol harapan kesehatan selama seribu tahun.

7-5-3 day
Shiji-Go-San Day (jpninfo.com)

Festival lain yang dikaitkan dengan hari ulang tahun dan pertambahan usia adalah hari Coming of Age, untuk pemuda-pemudi Jepang yang mencapai usia dewasa, 20 tahun. Festival ini diadakan pada hari Senin kedua di bulan Januari. Mereka harus mengenakan kimono atau jas dan pergi ke kantor kota untuk secara resmi diakui sebagai orang dewasa. Setelah itu, mereka biasanya merayakan dengan pergi minum bersama teman-teman mereka.

Merayakan Ulang Tahun sebagai Pasangan

Umumnya, pasangan kekasih yang salah satunya sedang berulang tahun akan berkencan dan menghabiskan hari atau malam bersama untuk merayakannya. Banyak wanita Jepang mengharapkan pasangannya untuk memberi mereka hadiah khusus, dan mereka juga akan membelikan pacar atau suami mereka hadiah special untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang mereka. Aksesoris sangat populer sebagai hadiah karena dapat dipakai setiap hari dan dapat mengingatkan mereka akan pacar mereka.

Karena wanita Jepang biasanya akan meluangkan waktu mereka sepanjang hari untuk merayakan ulang tahun bersama dengan pasangan mereka, sebagian besar tidak akan mengeluh atau mengatakan apa pun jika pada akhirnya mereka tidak melakukan apa-apa, tetapi akan secara pribadi kecewa atau mengeluh kepada teman dan keluarga mereka tentang hal itu. Mereka juga mungkin akan mencampakkan pasangan mereka jika hal itu terjadi. Jika kamu berpacaran dengan seorang wanita Jepang, jangan pernah lupa hari ulang tahunnya!

kue ulang tahun
Kue ulang tahun ala Jepang (tofugu.com)

Tidak perlu merasa harus menghabiskan banyak uang jika kamu berkencan dengan orang Jepang dan ulang tahun mereka akan datang. Bagi mereka, kue dan kartu ucapan sudah cukup. Selain itu, ada banyak hal terjangkau yang bisa dilakukan untuk membuat ulang tahun pasanganmu menjadi hari yang tidak terlupakan. Misalnya, jalan-jalan romantis di taman, makan di tempat yang bagus, atau berjalan-jalan seharian. Yang terpenting kamu mengingat hari istimewanya dan berusaha membuatnya istimewa baginya.

Kamu juga tidak perlu membuat kejutan besar. Seperti mengajak pasanganmu ke restoran, atau tempat umum lainnya, dan bilang ke semua staff restoran bahwa hari ini adalah hari ulang tahun pacarmu. Kamu akan membuat pasanganmu menjadi pusat perhatian semua orang, bahkan yang ia tidak kenal, dan terkadang hal seperti itu malah akan membuatnya malu.

Artikel dari berbagai sumber.