Berita Jepang | Japanesestation.com

Siapa pun yang pernah pergi ke Jepang pasti pernah melihat banyak sekali vending machine yang menjual berbagai hal. Diperkirakan ada satu mesin penjual otomatis untuk setiap tiga puluh empat orang, dan bahkan di tempat yang paling tidak mungkin sekalipun kamu pasti akan melihat satu vending machine yang menawarkan sesuatu. Tapi mungkin tidak lebih lama lagi.

Vending machine Hot Food Nichirei, yang biasa terlihat di area layanan, bandara, atau di kapal feri, menyediakan camilan hangat seperti hamburger, ayam goreng, kentang goreng, atau bola nasi panggang yang lezat. Untuk pelancong yang lapar, ini adalah pemandangan yang menyenangkan ketika kamu hanya ingin makanan ringan yang hangat dengan cepat.

Namun, pada akhir Maret ini, mesin penjual makanan panas ini akan diberhentikan.

“Saya baru saja makan dari salah satu mesin itu.. lol. Saya harus ke sana lagi sebelum mereka diberhentikan.”

Faktanya, jumlah mesin penjual makanan panas di Jepang telah menurun belakangan ini. Menurut laporan, saat ini, pabrikan tidak membuat mesin baru selama beberapa tahun.

Seorang perwakilan perusahaan berkomentar:

“Saat kami memulai distribusi mesin penjual makanan panas lebih dari 30 tahun yang lalu, toko swalayannya tidak sebanyak sekarang. Pelanggan yang bepergian dapat berhenti di area layanan dan menikmati makanan panas, meskipun saat itu sudah larut malam dan toko lainnya tutup. Namun belakangan ini, tidak banyak permintaan untuk layanan kami."

Vending machine Hot Food Nichirei
Vending machine Hot Food Nichirei (commons.wikimedia.org)

Mie instan dan mesin penjual makanan ringan lainnya akan tetap tersedia, tetapi penggemar Vending Machine Hot Food Nichirei bermunculan di Twitter untuk berduka atas hilangnya salah satu vending machine paling ikonik yang sering terlihat di seluruh Jepang.

“Sekarang saya mendambakan makanan dari vending machine itu!”

"Terima kasih atas layanannya."

“Saya harap masih ada satu mesin di terminal dua di bandara Haneda….”

“Saya selalu membeli sesuatu dari mesin itu setiap kali saya melihatnya. Saya suka bola nasi panggangnya."

“Kamu tidak pernah tahu apa yang kamu punya sampai itu hilang.”

Sementara kekuasaan Nichirei sebagai raja mesin penjual makanan panas mungkin akan segera berakhir, masih ada banyak vending machine lain di sekitar Jepang yang menawarkan makanan lezat.