Share on

Pernahkah kamu mendengar tentang tamago kake gohan? Itu lho, yang sering dijadikan menu sarapan dalam anime! Tamago kake gohan adalah salah satu makanan Jepang sederhana yang memadukan semangkuk nasi putih dan sebuah telur mentah sebagai topping-nya. Nah, biar kenal lebih dekat dengan tamago kake gohan, mari simak penjelasan di bawah!

Advertise With Us

Apa Itu Tamago Kake Gohan?

Jika diterjemahkan, tamago kake gohan bisa berarti "nasi dengan topping telur." Makanan ini sangat sederhana namun sangat populer di Jepang. Biasanya, orang Jepang memakan tamago kake gohan saat sarapan, meski makanan ini dapat kamu nikmati kapanpun. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit, kamu hanya memerlukan nasi putih, sebuah telur mentah, dan kecap.

Akhir-akhir ini, tamago kake gohan juga mulai populer di luar Jepang berkat anime Gin no Saji (Silver Spoon). Karena itulah, makanan ini mendapat  banyak komentar positif dan mengundang rasa penasaran dari fans anime di seluruh dunia!

Apakah Aman Memakan Telur Mentah?

tamago kake gohan telur mentah japanesestation.com
Tamago kake gohan (tsunagujapan.com)

Di negara-negara lain, memang normal jika orang-orang khawatir dengan keamanan telur mentah. Risiko keracunan salmonella bukanlah main-main. Bisa terjadi gejala keracunan seperti sakit perut, demam, dan diare yang berlangsung mulai dari 4 hingga 7 hari. Bahkan, beberapa kasus keracunan yang parah bisa berakibat fatal! Namun, beda cerita jika telurnya berasal dari Jepang.

Dengan prosedur dan regulasi ketat produksi telur di Jepang, kesempatan keracunan salmonella setelah memakan telur mentah sangat kecil dan menuju tak ada sama sekali! Regulasi kebersihan bagi peternakan ayam Jepang jauh lebih ketat dibanding peternakan ayam di negara lain. Peternak ayam di Jepang mengenakan lebih banyak Alat Perlindungan Diri (APD) saat memasuki kandang dan mengawasi ayam-ayam agar mereka terhindar dari kontak dengan sumber penyakit, seperti burung liar, serangga, dan hewan-hewan lain. Hal ini memperkecil risiko ayam-ayam beserta telurnya terinfeksi dengan salmonella.

Bukan cuma itu, setelah dikumpulkan, telur-telur ayam Jepang melewati proses tes ketat. Setiap telur akan melewati sebuah mesin yang mencuci, mensterilkan, dan mengecek potensi masalah seperti retakan, debu, atau titik-titik darah. Mesin-mesin ini bahkan melakukan scanning pada telur-telur itu untuk melihat adanya jejak bakteri, dan telur yang tidak sempurna akan dihancurkan.

Telur yang sudah melewati semua proses akan langsung dikirimkan ke toko-toko, sehingga masih segar saat dinikmati! Nah di Jepang, telur memang selalu diperlakukan seakan mereka selalu dikonsumsi secara mentah, jadi tanggal kadaluarsanya pun hanya 2 minggu sejak diproses, jauh lebih singkat dibanding telur-telur di negara lain!

Bagaimana Cara Membuat Tamago Kake Gohan?

tamago kake gohan telur mentah japanesestation.com
Tamago kake gohan yang diberi kecap (tsunagujapan.com)

Ternyat, cara membuatnya mudah! Untuk membuat tamako kake gohan, kamu hanya perlu 3 bahan saja, yaitu telur mentah, nasi, dan kecap. Nah, cara membuatnya, tinggal taruh saja nasi Jepang dalam sebuah mangkuk, dan buatlah sebuah ruang kecil di tengahnya untuk menemparkan telur. Pecahkan telur di sebuah mangkuk terpisah agar memisahkan cangkang tersisa lebih mudah. Setelah itu, tuangkan deh telurnya ke atas nasi. Terakhir, tambahkan kecap sesuai selera dan campurkan semuanya deh!

tamago kake gohan telur mentah japanesestation.com
Tamago kake gohan yang sudah diaduk (tsunagujapan.com)

Beberapa orang lebih menyukai memecahkan telur mereka dan menambahkan kecap di mangkuk terpisah terlebih dahulu, karena cara ini dianggap lebih mudah untuk mencampurkan telur dengan nasi. Beberapa orang juga ada yang senang membuang putih telurnya dan hanya menggunakan kuning telurnya saja. Intinya sih, buat saja sesukamu. Tidak ada yang salah kok! Tapi, telurnya harus telur Jepang ya!