Berita Jepang | Japanesestation.com

Taman-taman Jepang di musim semi selalu dipenuhi oleh begitu banyak bunga-bunga yang indah, sehingga terkadang orang-orang salah mengira bunga berwarna merah muda yang kebetulan dilihat sebagai bunga sakura yang terkenal.

Faktanya, bahkan orang di Jepang yang setiap tahun pergi ke taman untuk mengagumi keindahan sakura terkadang dapat salah mengira jenis bunga yang mereka kagumi. Sangat disayangkan jika kebetulan mengambil gambar pohon plum yang cantik, namun salah mengiranya sebagai pohon sakura. Ada ciri-ciri tertentu yang membedakan bunga sakura, plum, dan persik di antara semua kelopak berwarna merah muda lainnya. Mari kita lihat perbedaannya!

1. Bentuk Kelopaknya

Bunga Sakura
Bunga Sakura (jpninfo.com)

Cara termudah untuk melihat perbedaan antara bunga sakura, plum, atau persik adalah dengan mengamati bentuk kelopaknya. Bunga sakura memiliki celah unik di ujung kelopaknya, yang menambah kesan cantik dan popularitas yang luar biasa.

Huawei MatePad Pro

Bunga Plum
Bunga Plum (jpninfo.com)

Sebaliknya, bunga plum memiliki kelopak yang membulat, sementara bunga persik memiliki kelopak berbentuk seperti tetesan air mata.

2. Warna Kelopaknya

Bunga Persik
Bunga Persik (jpninfo.com)

Meskipun ketiga bunga musim semi yang indah ini memiliki kelopak berwarna merah muda, ada beberapa perbedaan tipis yang membantu membuatnya mudah dibedakan. Bunga sakura dan plum juga memiliki bunga dengan kelopak berwarna putih. Namun, bunga plum umumnya memiliki kelopak berwarna keunguan, dan dalam beberapa kasus, warnanya lebih gelap yang membuat bunga plum lebih mudah dikenali dari pada yang lain. Di sisi lain, bunga persik memiliki kelopak berwarna merah muda pucat dengan bagian tengahnya berwarna magenta tua.

3. Cara Mereka Menempel Pada Pohon

Bunga Plum
Bunga Plum dengan kelopak putih (jpninfo.com)

Cara lain yang mudah untuk membedakan ketiga bunga cantik ini adalah dengan melihat cara mereka menempel pada pohon.

-          Bunga sakura memiliki batang panjang yang menempel pada cabang pohon dari satu kuncup.

-          Bunga plum tumbuh dari cabang pohonnya sendiri, dan secara harfiah tidak memiliki batang.

-          Bunga persik memiliki batang yang lebih pendek, dengan dua bunga yang tumbuh dari cabang yang sama.

Semoga ini bisa mengakhiri semua jenis kebingungan yang mungkin kamu miliki tentang ketiga bunga indah ini! Saat bunga mekar, bawalah kamera, ambil beberapa foto, dan beri tahu teman dan orang yang kamu cintai tentang perbedaan ketiga bunga ini.