Share on

Jepang memiliki objek wisata sejarah yang banyak dan sangat populer di kalangan para turis. Kastil-kastil bersejarah adalah salah satunya. Musim semi adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke kastil, karena bunga sakura akan bermekaran. Beberapa kastil di Jepang memiliki banyak pohon sakura di halamannya yang menjadi daya tarik bagi para turis. Berikut adalah daftar kastil bersejarah di Jepang dengan pemandangan bunga sakura paling indah saat musim semi.

1. Osaka Castle (Osaka)

Dibangun pada tahun 1583, kastil ini menjadi landmark paling penting di Osaka. Sakura Matsuri di Osaka Castle dimulai pada minggu kedua bulan Maret dan berakhir pada minggu kedua bulan April.

Sakura di Kastil-kastil Jepang Ini Amat Memukau
Osaka Castle saat musim semi (insideosaka.com)
Lokasi: 1-1 Osakajo, Chuo-ku, Osaka 540-0002, Osaka-ken Akses: jalan kaki atau bus, kastil ini berjarak kurang dari 5 kilometer dari Stasiun Osaka.

2. Himeji Castle (Hyogo)

Memiliki sejarah lebih dari 600 tahun dan mendapatkan gelar sebagai “kastil paling terpelihara di Jepang”, Himeji Castle dijuluki sebagai Kastil Bangau Putih. Kastil ini adalah Harta Nasional Jepang dan situs Warisan Dunia. Ada lebih dari 1.000 pohon sakura yang mekar di halaman kastil ini setiap musim semi. Perayaan Ohanami (melihat bunga sakura yang mekar) dimulai pada hari Jumat di minggu pertama bulan April. Ada juga Sakura Matsuri yang dijadwalkan pada hari Sabtu, 4 April.

Sakura di Kastil-kastil Jepang Ini Amat Memukau
Himeji Castle saat musim semi (japan-guide.com)
Lokasi: 68 Hommachi, Himeji 670-0012, Hyogo-ken Akses: jalan kaki sejauh 1 kilometer dari stasiun Himeji.

3. Nijo Castle (Kyoto)

Kastil ini merupakan salah satu kastil yang paling terkenal dengan sejarahnya, dan masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Untuk menghindari keramaian, disarankan untuk berkunjung tepat setelah jam buka, atau 30 menit sebelum jam tutup. Kastil ini memiliki lebih dari 300 pohon sakura di halamannya. Sakura Matsuri dimulai dari 20 Maret sampai 12 April. Selama Sakura Matsuri, kastil ini buka di jam malam untuk pengunjung yang ingin menikmati bunga sakura di malam hari, dari pukul 6 sore sampai pukul10 malam.

Sakura di Kastil-kastil Jepang Ini Amat Memukau
Bunga sakura bermekaran di halaman Nijo Castle saat musim semi (japan-guide.com)
Lokasi: 541 Nijo-jo-cho, Horikawa-nishi-iru, Nijo-jo-dori, Nakagyo-ku, Kyoto 604-8301, Kyoto-ken Akses: bus kota nomor 101, 50, atau 9, dari Stasiun Kyoto.

4. Hirosaki Castle (Aomori)

Dibangun oleh Klan Tsugaru pada awal tahun 1600, taman di Hirosaki Castle memiliki sekitar 2.600 pohon sakura yang telah ditanam sejak tahun 1903. Sakura Matsuri biasanya dijadwalkan mulai dari 23 April, dan berlangsung selama 2 minggu sampai 6 Mei. Di kastil ini pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk menikmati kelopak bunga sakura yang jatuh dan memenuhi parit.

Sakura di Kastil-kastil Jepang Ini Amat Memukau
Kelopak bunga sakura berjatuhan dan memenuhi parit di Hirosaki Castle (travel.gaijipot.com)
Lokasi: 1 Shimoshirogane-cho, Hirosaki-shi, Aomori-ken Akses: berjalan kaki sekitar 20 menit, atau naik bus dari Stasiun Hirosaki.

5. Tsuruga Castle (Fukushima)

Sakura di Kastil-kastil Jepang Ini Amat Memukau
Tsuruga Castle saat musim semi (japan-guide.com)

Dibangun oleh Ashina Naomori dan sering disebut sebagai Kastil Wakamatsu, kastil ini telah beberapa kali dibangun ulang selama hampir 700 tahun. Sakura Matsuri dimulai dari awal bulan April sampai minggu pertama di bulan Mei. Tsuruga Castle juga sering kali mengadakan kontes foto dengan mengenakan kimono.

Lokasi: 1-1 Ote-machi, Aizuwakamatsu-shi, Fukushima-ken Akses: bus, sepeda, atau jalan kaki dari Stasiun Aizuwakamatsu