Share on

Restoran di Jepang, maupun di negara lain, pada umumnya terkenal dengan suasana yang ramai di mana para tamunya bercengkrama satu sama lain baik itu keluarga, teman, kolega ataupun pelayan restoran. Namun, ada yang berbeda dengan restoran ramen di Jepang yang satu ini yang bernama Ichiran Ramen, yang mengutamakan ketenangan dan privasi dari para tamunya.

Advertise With Us

Manabu Yoshimoto, pendiri dari restoran ini, mendapatkan inspirasi dari pengalamannya saat masih duduk di bangku SMA, ketika makan bersama teman wanitanya. Teman wanitanya tersebut berusaha menutupi mulutnya ketika akan memakan ramen dan Yoshitomi menemukan bahwa mereka tidak ingin dilihat oleh orang lain saat sedang menelan makanan tersebut. Hal ini yang menginspirasi Yoshitomi untuk membuat restoran ramen tonkotsu (tulang babi) yang menawarkan privasi penuh daripada interaksi manusia.

Ketika masuk ke restoran ini, kalian tidak akan disambut oleh pelayan, melainkan oleh mesin penjual tiket otomatis yang sangat besar, di mana kalian bisa memilih menu yang akan disajikan beserta dengan jumlah kursi dan meja yang akan kalian pesan. Hal ini dilakukan karena Yoshimoto menganggap bahwa situasi yang tidak kondusif di restoran ramen pada umumnya membuat tamu yang datang tidak fokus dengan menu yang ada, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan situasi seperti itu. Setelah kalian memasukkan uang ke dalam mesin, kalian akan mendapatkan tiket dan diperbolehkan menuju meja yang telah dipesan.

Bentuk dari meja di restoran ramen di Jepang ini sendiri berbeda dari apa yang ada pada umumnya, mejanya tidak terbuka tetapi seperti bilik-bilik kecil dengan pembatas kayu di antara mejanya. Akan tetapi pembatas ini juga dapat dibuka bagi tamu yang datang lebih dari satu orang. Setelah duduk kalian akan diberi sebuah kertas untuk pilihan topping dan bumbu. Pelayan akan mengambilnya dari balik tirai setelah kalian menekan tombol yang telah disediakan dan makanan akan dihidangkan beberapa menit setalah memesan.

Ichiran Ramen telah menjadi populer dan membuka lebih dari 60 cabang yang tersebar di Jepang, Hongkong, sekaligus yang terbaru di Amerika Serikat. Semua restoran ini selalu siap untuk melayani kalian selama 24 jam setiap hari. Penasaran dengan restoran yang satu ini? Yuk kita simak video berikut ini!

(images: facebook.com/ramen.ichiran)