Share on

Mempelajari bahasa baru memang sulit. Apalagi jika kamu belajar bahasa Jepang yang memiliki 3 jenis huruf dan lebih dari 2000 karakter kanji yang harus diingat, belum lagi urutan penulisannya yang bikin makin pusing. Meski bikin pusing, lama kelamaan kamu akan merasa kalau belajar bahasa Jepang itu asyik dan mulai berpikir kanji apakah yang bisa dibilang sebagai kanji tersulit dalam bahasa Jepang.

Nah, buatmu yang penasaran, ada nih daftar 5 kanji tersulit dalam bahasa Jepang. Tingkat kesulitan kanji-kanji ini ditentukan dari jumlah coretan yang dibutuhkan untuk menulisnya. Ya, jika belajar menulis huruf kanji, kamu diwajibkan untuk mengingat urutan penulisan setiap coretannya. Dan aturan coretan yang benar dalam menulis kanji adalah dari atas ke bawah lalu kiri ke kanan.

Sebelum masuk ke list kanji tersulit, ada yang perlu diperhatikan nih. Ada karakter kanji yang dibentuk dari kanji yang sama dan diulang sebanyak 2, 3, atau 4 kali lho, namanya adalah rigiji (理義字). Hal ini sangat penting, karena penambahan satu kanji atau menggabungkannya dengan kanji lain bisa mengubah arti kanjinya (contohnya ada di artikel ini lho!). Nah, sekarang, simak saja ya 5 kanji tersulit untuk ditulis!  

5. セイ (sei)

Kanji tersulit japanesestation.com
Sei (blog.japancentre.com)

Kanji ini adalah kanji paling menarik di daftar ini, karena menurut berbagai kamus Jepang, kanji unik ini tidak memiliki arti. Kanji せいini jmerupakan karakter rigiji yang dibentuk dari kanji untuk kata “tertarik” (興) yang ditulis sebanyak 4 kali. Banyak orang beranggapan kalau kanji ini memiliki arti “sangat tertarik” meski tidak ada definisi konkrit dan resmi. ‘Sei’ juga memiliki 64 coretan, cukup banyak kan?

4. Tō

Kanji tersulit japanesestation.com
Tō (blog.japancentre.com

Berikutnya, ada karakter rigiji lagi nih. Kali ini, kanjinya berbunyi “Tō” dan dibentuk dari kanji龍 (ryuu, ryou, rou, tatsu) yang berarti “naga.” Jika disatukan bersama, arti kanji dengan 48 coretan ini menjadi “naga bergerak”.

3. テチ (techi), atau テツ (tetsu)

Kanji tersulit japanesestation.com
Techi atau Tetsu (blog.jaoancentre.com)

Kanji berikutnya kembali menggunakan kanji龍 (naga). Kali ini, kanji ini diulang sebanyak 4 kali, membuatnya dibentuk dari 64 coretan. Artinya juga jadi jauh berbeda lho, dari “naga” menjadi “seseorang yang senang berbicara.”

2. タイト (taito)

Kanji tersulit japanesestation.com
Taito (blog.japancentre.com)

Jika 64 coretan belum banyak menurutmu, masih ada kanji berbunyi “taito/タイト” yang memmiliki 84 coretan. Kanjinya sendiri terbentuk dari 2 kanji berbeda, yaitu “kumo/雲” (awan) dan “tatsu/龍” (naga).

1. ぼんのう (bonnō)

Kanji tersulit japanesestation.com
bonnō (blog.japancentre.com)

Kanji terakhir ini adalah kanji paling sulit di daftar ini dan bisa bikin kita pusing karena terdiri dari 108 coretan. Kata “bonnō” ini merupakan istilah dalam agama Buddha yang menunjukkan kondisi mental sesorang di mana orang tersebut sedang dalam kondisi  kurang baik sehingga berpotensi melakukan tindakan merugikan. Para penganut agama Buddha di Jepang percaya bahwa ada 108 bonnō di dunia ini. Karena itulah kanji ini memiliki 108 coretan. Nah, di zaman modern seperti sekarang, bonnō tidak lagi ditulis dengan kanji sulit ini, melainkan dengan煩悩 yang bisa diartikan sebagai “kegelisahan.”

Nah, itulah 5 kanji tersulit untuk ditulis dalam bahasa Jepang. Memang sih, kanji-kanji di atas jarang digunakan dan mungkin kamu tidak akan menemukannya ketika belajar bahasa Jepang. Tapi, lumayan kan jadi nambah pengetahuan?