Berita Jepang | Japanesestation.com

Setiap menjelang akhir tahun, selalu diadakan pemilihan「今年の漢字」atau “Kanji Tahun Ini.” Acara tahunan ini telah diadakan oleh Japan Kanji Aptitude Testing Foundation sejak tahun 1995. Maksud dari “Kanji Tahun Ini” adalah satu karakter kanji yang melambangkan atau merepresentasikan situasi dan kondisi yang terjadi pada tahun tersebut. Untuk menentukan karakter kanji apa yang akan menjadi representasi, akan dilakukan voting di website resmi. Karakter kanji yang mendapatkan jumlah suara terbanyak lah yang akan menjadi representasi tahun tersebut.

Kanji
Karakter kanji yang melambangkan tahun 2020 (zdic.net)

Pada tanggal 14 Desember kemarin, Japan Kanji Aptitude Testing Foundation mengumumkan “Kanji Tahun Ini” untuk tahun 2020 di kuil Kiyomizu-dera, Kyoto. Karakter kanji yang terpilih untuk melambangkan tahun 2020 adalah kanji「密」. Kanji「密」mendapatkan 28.401 suara dari total 208.025 suara yang masuk. Kanji 「密」dibaca "mitsu" yang berarti “padat”. Kanji 「密」 sering kali digunakan pemerintah Jepang untuk menyebutkan protokol kesehatan COVID-19 yaitu「3 密」. Dari awal tahun hingga akhir tahun, pemerintah Jepang tiada hentinya selalu mengingatkan masyarakat  tentang「3密」. Sehingga ketika ditanya kanji apa yang paling tepat untuk melambangkan tahun ini, kanji 「密」 yang pertama kali terlintas di pikiran masyarakat.

Kuil
Seihan Mori menuliskan karakter kanji yang melambangkan tahun 2020 (mainichi.jp)

Seihan Mori yang merupakan pemimpin kuil Kiyomizu-dera berkata, “Kanji 「密」 juga dapat melambangkan hati yang terhubung.  Di saat banyak orang dan tenaga kesehatan sedang berjuang melawan virus corona, aku menulis kanji ini dengan rasa syukur karena seluruh Jepang sedang berusaha mengatasi masalah yang terjadi saat ini.”

Kanji yang menempati peringkat kedua untuk melambangkan tahun 2020 adalah kanji「禍」dengan 13.665 suara. Kanji 「禍」berarti "bencana" atau "kemalangan". Ini merujuk pada virus corona yang dianggap sebagai bencana yang menimbulkan banyak kesulitan. Peringkat ketiga adalah kanji 「病」dengan 10.369 suara. Kanji 「病」berarti penyakit. Ini merujuk pada penyakit yang diakibatkan oleh virus corona.