Berita Jepang | Japanesestation.com

Seperti yang kita ketahui, beberapa seni bela diri paling populer dan terkenal di dunia berasal dari Jepang. Contohnya seperti Sumo, yang sudah ada sejak tahun 23 SM. Sementara jujutsu berasal dari awal abad ke-20.

Meskipun kita rasanya sudah familiar dengan seni bela diri tersebut, ternyata masih ada loh, seni bela diri Jepang yang bisa kita pelajari, yaitu Naginatajutsu!

Kira-kira seperti apa ya, Naginatajutsu tersebut?

Huawei MatePad Pro

Pertama-tama, mari membahas senjatanya. Beberapa bentuk lain dari ilmu pedang Jepang melibatkan penggunaan banyak senjata. Nah, kalau naginatajutsu sendiri berfokus secara khusus pada penggunaan satu senjata bernama naginata. Menyerupai polearm - seperti glaive Eropa - naginatajutsu panjang, berat, dan sulit untuk digerakkan. Pembelajar seni bela diri ini dipastikan harus mempelajari langkah awal penggunaan pedang ini sebelum maju ke fase berikutnya.

Pedang Naginata
Bentuk pedang naginata (deadliestwarrior.fandom.com)

Nah, konon, pedang Naginata terbukti sangat efektif melawan penjajah dengan menunggang kuda. Selama periode feodal Jepang, wilayah itu terus-menerus diserang oleh orang-orang Mongolia. Untuk mempertahankan tanah mereka, prajurit samurai sering menggunakan Naginata untuk menyerang penjajah dengan menunggang kuda dari jarak yang aman. Dikarenakan panjangnya Naginata, benda ini memungkinkan prajurit samurai untuk menyerang lawan mereka dari jarak beberapa meter. 

Jika membahas gender dari pembelajar ilmu ini, bukan hanya laki-laki yang mempraktikkan naginatajutsu di Jepang feodal. Rupanya, wanita juga mempraktikkannya loh!

Faktanya, ada sejumlah besar wanita praktisi naginatajutsu sampai saat ini. Ini dikarenakan pada zaman feodal dulu, perempuan mencari naginata sebagai bentuk perlindungan pribadi saat suaminya pergi. Untuk menggunakan naginata, wanita harus belajar bagaimana menggunakannya, dan menarik mereka ke seni bela diri naginatajutsu. Ini menghasilkan rasio praktisi wanita dan pria yang sangat tinggi.

Bahkan setelah bertahun-tahun, naginatajutsu masih dipraktikkan oleh ribuan orang di Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negara lain. Hari ini, bagaimanapun, itu dipraktekkan terutama menggunakan pelindung yang sama seperti kendo.

Seperti yang ditunjukkan pada foto di atas, praktisi mengenakan setelan pelindung tubuh untuk melindungi diri dari cedera. Selanjutnya, naginatajutsu saat ini menggunakan latihan naginata yang terbuat dari bambu daripada naginata yang sebenarnya dengan bilah logam hidup. Naginatajutsu hanyalah salah satu dari banyak seni bela diri yang berasal dari Jepang. Ini unik, bagaimanapun, dalam arti bahwa itu berfokus secara khusus dengan pengunaan Naginata.

Nah, bagaimana? Sangat menarik bukan ilmu bela diri yang satu ini? Tentu saja sangat menarik bila kita ingin menelusuri kembali sejarah-sejarah Jepang yang sangat dalam, terutama pada masa lalu yang menyebabkan Jepang menjadi negara seunik seperti sekarang.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tertarik mempelajari Naginatajutsu?