Share on

Jepang merupakan negara kepulauan yang luasnya memanjang dari utara ke selatan. Orang-orang akan berbicara bahasa Jepang dimanapun, tetapi ketika kamu bepergian, kamu akan melihat beberapa perbedaan dari satu daerah ke daerah lain. Jepang terbagi menjadi 47 prefektur. Meskipun semuanya ada di negara yang sama, tetapi kamu tidak hanya akan menemukan perbedaan dari segi iklim dan fitur geografis alam, tetapi juga dari karakteristik orang-orangnya, dari tempramen dan cara berpikir, hingga preferensi makanan mereka.

Advertise With Us

Seperti halnya orang Jepang yang berasal dari Kanto dan Kansai, keduanya adalah wilayah yang populer di Jepang untuk berwisata. Meskipun jarak keduanya tidak begitu jauh, tetapi ternyata bahkan orang-orang dalam wilayahnya sendiri memiliki cirinya masing-masing. Apa saja sih karakteristik orang di tiap daerahnya dan apa perbedaannya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Wilayah Kanto

Tokyo
Tokyo (departures.com)

Area: Prefektur Ibaraki, Prefektur Tochigi, Prefektur Gunma, Prefektur Saitama, Prefektur Chiba, Tokyo Metropolis, Prefektur Kanagawa

Kanto adalah wilayah terpadat di Jepang, menjadi rumah bagi lebih dari sepertiga populasi negara ini. Kepribadian orang Jepang di wilayah Kanto berbeda-beda berdasarkan prefekturnya. Orang-orang di Prefektur Gunma dikenal terbuka ​dan ramah, tetapi mereka juga pemarah dan emosional. Mereka yang berasal dari Chiba terlihat ceria dan santai, tetapi suka melakukan segala sesuatunya sesuai keinginan mereka. Orang-orang dari Saitama dipandang sebagai orang yang sederhana dan pendiam, meski juga suka melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Dengan banyaknya orang yang pindah ke Tokyo dari berbagai wilayah di Jepang, hanya sedikit orang yang tinggal di Tokyo saat ini benar-benar bisa dikatakan sebagai "orang Tokyo" atau keluarga yang telah tinggal di Tokyo sejak zaman Edo. Tetapi orang Tokyo pada umumnya dikenal sebagai orang yang tegas, mudah bertengkar, namun murah hati.

Wilayah Kansai atau Kinki

Osaka
Dotonbori, Osaka (loveexploring.com)

Area: Prefektur Mie, Prefektur Shiga, Prefektur Kyoto, Prefektur Osaka, Prefektur Hyogo, Prefektur Nara, Prefektur Wakayama

Wilayah Kinki adalah rumah bagi beberapa prefektur, masing-masing dengan kepribadiannya masing-masing. Ini termasuk Nara dan Kyoto, ibu kota tua dan pusat politik, budaya, dan ekonomi Jepang. Ada juga Osaka, kiblat Jepang dalam dunia komedi, dan Mie, di mana kamu bisa menemukan Ise Grand Shrine. Dikatakan sebagai jantung budaya dan sejarah Jepang yang sebenarnya, wilayah Kinki adalah rumah bagi 60% harta nasional Jepang dan properti budaya penting serta setengah dari Pemandangan Warisan Dunia Jepang.

Nuansa individu dari masing-masing prefektur Kinki terlihat dalam kepribadian orang-orang dari daerah tersebut. Prefektur Mie dan Nara terkenal dengan penduduknya yang pendiam dan lemah lembut. Meskipun terkenal dengan sikap ramah mereka, orang-orang Kyoto juga bisa sangat tertutup. Orang-orang dari Osaka terkenal terbuka dan ramah, sedangkan di Shiga, orang-orang dikenal karena kejujuran dan ketekunannya. Penduduk Hyogo dikatakan memiliki selera yang baik, sedangkan penduduk Wakayama dikatakan lemah lembut dan optimis.

Di area di mana orang-orang dari setiap prefektur bersinar dengan ciri-ciri kepribadian mereka yang spesifik, yang paling menonjol adalah Osaka. Dengan mesin takoyaki di setiap rumah dan aksi komedi yang tak terlupakan, hal-hal yang tampak normal bagi penduduk asli Osaka tidak akan terbayangkan oleh orang Jepang yang berasal dari Tokyo.