Share on

Banyak wisatawan yang mengatakan sulit menemukan makanan halal di Jepang. Namun dengan 4 tips ini, Anda tidak akan lagi kesulitan mencari makan di Jepang. Menurut badan pariwisata Jepang, Japan National Tourism Organization (JNTO), Rabu (9/9/2014) inilah 4 tips memilih restoran atau tempat makan halal di Jepang:

Advertise With Us

1. Pilih restoran sushi

4 Tips Memilih Restoran untuk Turis Muslim di Jepang
Foto: (JNTO)

Beberapa di antara menu khas Jepang yang ada, sushi termasuk kuliner yang cukup aman untuk dikonsumsi karena ikan itu pasti halal. Turis muslim yang kebingungan mencari makanan halal, bisa memilih restoran sushi sebagai tujuan. Tapi baiknya hindari memilih unagi atau anago. Umumnya, saos yang digunakan mengandung sake.

2. Restoran udon boleh juga

4 Tips Memilih Restoran untuk Turis Muslim di Jepang
Foto: (Thinkstock)

Selain restoran sushi, restoran yang menyediakan sashimi, soba, udon, tempura dan yaki sakana atau daging bakar juga boleh. Hanya saja, Anda harus memerhatikan kecap atau saus yang disediakan sebagai tambahan. Sebaiknya tidak perlu digunakan karena umumnya mengandung sake.

3. Pergi ke restoran Timur Tengah

4 Tips Memilih Restoran untuk Turis Muslim di Jepang
Foto: (CNN)

Cara paling aman untuk mendapatkan makanan halal adalah datang ke rumah makan khusus masakan Timur Tengah. Restoran seperti ini bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional atau pun pasar dadakan yang ada di setiap kota. Biasanya, jenis makanan yang disuguhkan adalah aneka kebab, ayam, atau burger namun dengan daging halal. Penjualnya pun berasal dari Timur Tengah, jadi dijamin halal.

4. Cari restoran negara Islam

4 Tips Memilih Restoran untuk Turis Muslim di Jepang
Foto: (JNTO)

Alternatif lain yang diberikan JNTO adalah turis disarankan mencari restoran hidangan negara-negara mayoritas Muslim. Restoran Pakistan, Turki, atau Malaysia bisa jadi pilihan. Beruntung, ternyata cukup banyak restoran di Jepang yang menyediakan makanan halal.