SHARE THIS ARTICLE
#LearnJapanese – Bahasa Gaul Hasil Penyingkatan Kata dalam Bahasa Jepang
Foto ilustrasi Ⓒ Japanese Station

Minna, ternyata orang Jepang tuh suka banget lho nyingkat-nyingkat kata. Soalnya nih, kalo ada kata dalam bahasa Jepang yang dinilai terlalu panjang dan ribet, mereka lebih suka buat bikin kata yang lebih pendek untuk disebutkan. Contoh umumnya adalah ‘Koutou gakkou’ (こうとうがっこう) yang artinya Senior high school / Sekolah Menengah Atas, mereka singkat jadi ‘Koukou’(こうこう). Selain bahasa Jepang asli, mereka juga suka banget menyingkat kata serapan dari bahasa asing, atau yang biasa disebut dengan ‘Gairaigo’ (がいらいご). Untuk contoh yang lebih banyak lagi, langsung aja simak ulasan di bawah ini:

1. おたんおめ → ’Otan-ome
Ini asal kalimatnya adalah Otanjoubi Omedetou (おたんじょうび おめでとう), artinya Selamat ulang tahun.

2. あけおめ → ‘Ake-ome
Asal kalimatnya adalah Akemashite Omedetou (あけまして おめでとう), yang artinya Selamat tahun baru.

3. いたでん → ‘Itaden’ (baca: itadeng)
Itaden diambil dari Itazura Denwa (いたずら でんわ), yang artinya telepon jahil atau telepon iseng.

4. だめお → ‘Dame-o’ (baca: dameo)
Dame-o = Dame na Otoko (だめな おとこ). Dame itu artinya tidak berguna/tidak bagus/tidak boleh. Sedangkan Otoko artinya adalah laki-laki. Jadi, arti dari Dame-o adalah laki-laki yang tidak berguna/nggak ada bagus-bagusnya.

5. そつろん → ‘Sotsuron’ (baca: sotsurong)
Sotsugyou ronbun (そつぎょう ろんぶん), yang artinya tugas akhir kelulusan, biasa disingkat jadi Sotsuron. Sotsugyou sendiri artinya kelulusan, dan ronbun itu artinya skripsi/tesis.

6. れんドラ → ‘Rendora
Kalo kata Rendora ini nih gabungan singkatan antara kosakata asli Jepang (れんぞく:Renzoku: Serial/Bersambung) dan kata serapan/gairaigo (ドラマ:Dorama: Drama). Artinya drama berseri.

7. シャーペン → ‘Shaapen’ (baca: shapeng)
Asal katanya yaitu ‘Shaapu Penciru’ (シャープペンシル), artinya pensil mekanik.

8. デジカメ → ‘Dejikame’ (baca: dejikame)
Dejikame artinya kamera digital. Asal katanya adalah Dejitaru Kamera (デジタルカメラ).

9. エアコン → ‘Eakon’ (baca: eakong)
Ayo coba tebak Eakon artinya apa? Eakon itu kependekan dari Ea Kondishonaa (エアーコンヂショナー), yang dalam bahasa Inggris adalah Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan AC.

10. リモコン → ‘Rimokon’ (baca: rimokong)
Kalau kata yang terakhir ini, bisa dong nebak artinya..? Yup, betul banget! Rimokon itu kependekan dari Rimooto Kontorooru (リモートコントロール), yang artinya Remote Control.

Learning Japanese Supported By: Aki no Sora

COMMENT