SHARE THIS ARTICLE
Kuil Shinto di Tokyo Ini Juga Memberkati Hewan Peliharaan para Pengunjungnya
Anjing kawaii ini bahkan datang dengan memakai kimono!

Setiap musim gugur di Jepang, ada tradisi Shichi-Go-San (Tujuh-Lima-Tiga) yang adalah waktu bagi para orangtua mengunjungi kuil Shinto sekeluarga agar anak-anak perempuan mereka yang berusia 3 tahun dan anak laki-laki yang berusia 5 tahun dapat diberkati oleh pendeta supaya sehat dan panjang umur. Namun, karena banyaknya orang yang sudah menganggap binatang peliharaan mereka seperti anak sendiri, beberapa kuil seperti Ichigaya Kameoka Hachimangu di daerah Shinjuku, Tokyo juga menerima pemberkatan bagi hewan-hewan peliharaan.

Kuil Shinto di Tokyo Ini Juga Memberkati Hewan Peliharaan para Pengunjungnya 1

Sudah melayani pemberkatan hewan sejak tahun 2009, upacara yang dilakukan pendeta Ichigaya Kameoka Hachimangu juga sama dengan yang mereka lakukan pada anak-anak, sementara para hewan peliharaan tersebut duduk di pangkuan para pemiliknya, dan ditutup oleh prosesi kirinuki – penaburan campuran nasi dan potongan-potongan kertas ke atas si hewan untuk menyucikannya.

Kuil Shinto di Tokyo Ini Juga Memberkati Hewan Peliharaan para Pengunjungnya 2

Tahun lalu saja, ada kurang lebih 350 ekor binatang peliharaan yang diberkati dari seluruh pelosok Jepang, dan bagi yang berminat, dapat mendaftarkan hewan-hewan kesayangan mereka terlebih dahulu melalui alamat e-mail kuil ini. Jasa pemberkatan ini juga dikenakan biaya sebesar ¥5.000, di mana setelahnya, para pemilik juga akan menerima sebuah jimat Shinto, sebotol sake yang telah diberkati, dan sebuah papan ema untuk ditulisi permohonan dan digantung di area kuil. Bagi mereka yang memiliki lebih dari satu peliharaan, kuil ini juga bisa menerima pemberkatan sampai 3 binatang sekaligus dalam satu kali upacara.

Kuil Shinto di Tokyo Ini Juga Memberkati Hewan Peliharaan para Pengunjungnya 3

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT