SHARE THIS ARTICLE

mother-s-day-japanHari Ibu juga dirayakan di Jepang yang jatuh pada Minggu kedua bulan Mei, seperti di sebagian besar negara di dunia. Ini bukan hari libur tapi pada hari Minggu, orang-orang Jepang tidak bekerja dan dapat merayakan hari ini sebagai keluarga.

Tahun ini hari Ibu dirayakan pada tanggal 10 Mei 2015 kemarin. Berikut adalah tanggal hari Ibu di Jepang selama bertahun-tahun yang akan datang:

8 Mei 2016
14 Mei 2017
dan seterusnya

mother-s-day-japan (1)Di Jepang, hari Ibu disebut 母の日 (haha no hi), juga berarti “Mother’s day” (di Jepang, hampir semua perayaan pada hari-hari tertentu diakhiri dengan “…’s day”).

Peringatan ini di Jepang dimulai pada 6 Maret 1931, ulang tahun Permaisuri Kojun (beliau adalah ibu dari Kaisar Akihito). Pada tahun 1949, diputuskan untuk mengkalibrasi tanggal Hari Ibu seperti di Amerika Serikat, dan secara resmi dinyatakan sebagai hari nasional di Jepang.

Permaisuri Kojun dan Pangeran Akihito
Permaisuri Kojun dan Pangeran Akihito

Seperti di tempat lain di dunia, anak-anak memberi hadiah kepada ibu mereka pada hari Minggu khusus ini. Secara tradisional, mereka menawarkan bunga: anyelir merah, simbol kemurnian dan manis.

Hari Ibu juga berhubungan dengan spesialisasi kuliner Jepang. Misalnya, pada tahun 2012 berkisar tentang telur:

Tamagoyaki: omelet persegi panjang dari Jepang
Chawanmushi: telur custard, biasanya disajikan dengan ayam atau udang

Selamat hari ibu untuk seluruh ibu di dunia!

(image source: wikimedia.org & strandreleasing.com)

Source : kanpai-japan.com
COMMENT