SHARE THIS ARTICLE

click_post

Pos Jepang mulai 16 Juni 2014 akan memperkenalkan sistem pengiriman surat dan barang yang baru bernama Klik Pos. Kali ini bekerjasama dengan Yahoo Japan. Pengirim mendapat label pos lewat email setelah membayar lewat Yahoo Japan. Lalu bisa kirim surat, masukkan ke bis surat terdekatnya, atau ke kantor pos terdekat tanpa perlu proses lagi, tinggal serahkan saja. Selesai.

Sistem klik pos ini bekerjasama dengan Yahoo Japan. Jadi hanya orang yang memiliki kartu kredit saja, terutama kartu kredit Jepang, yang dapat menjadi member, baru dapat melakukan transaksi Klik Pos. Kita mengisi formulir di web sesuai barang atau surat yang ingin dikirimkan. Tujuan ke mana dan beratnya berapa. Lalu otomatis akan muncul biaya, dan kita bayar menggunakan kartu kredit yang tersimpan aman di dalam situs Yahoo Japan.

Setelah pembayaran, kita akan menerima email dan petunjuk lebih lanjut. Atau pun dapat langsung download atau print label pada kertas biasa di printer. Lalu label itu tempelkan di surat pos atau barang yang akan kita kirimkan lewat bis surat atau lewat kantor pos.

Label tersebut berupa bar-code sehingga mudah terdeteksi langsung oleh pihak petugas pos yang menerima surat atau barang tersebut. Dicocokkan ke komputernya, benar telah bayar, baru diantarkan.

Apabila lewat bis surat, ternyata, misalnya, bar-code palsu, maka surat diantar balik ke pengirim bahkan akan dikenakan denda serta sanksi lain karena dianggap memalsukan bar-code serta tindak kriminal lain yang merugikan pihak Pos Japan.

Meskipun demikian sistem ini sementara masih untuk pelayanan dalam negeri Jepang saja.

Ada juga ketentuan lain yaitu maksimal ukuran 34 cm x 25 cm x 3 cm. Jadi hanya kiriman kecil saja. Tarifnya 164 yen untuk satu kiriman. Berat juga maksimum satu kilogram.

Lama pengiriman hanya satu hari saja, termasuk hari libur pun beroperasi seperti biasa. Demikian penjelasan petugas Pos Jepang di Tokyo kepada Tribunnews.com, Rabu (28/5/2014).

Bagi para penggemar filateli atau yang mau berdiskusi mengenai Pos di Indonesia juga dapat ikut jaringan FB ini
https://www.facebook.com/groups/filateliindonesia/. Tarif pos di Indonesia pun dapat ditanyakan di situs tersebut.

Source : tribunnews.com
COMMENT