Share on

Ramen adalah salah satu makanan berupa mie dari Jepang yang paling ikonik. Emas merupakan barang mewah dengan warna berkilau, dan jika dimakan pun memiliki manfaat yang beragam. Nah, bagaimana jika keduanya disatukan?

Advertise With Us

Ramen sendiri sebenarnya sudah banyak jenisnya. Tiap daerah di Jepang memiliki resep ramen khasnya sendiri. Namun, ramen modifikasi ala zaman sekarang, misalnya ramen dengan kuah bubble tea tampaknya tak mau kalah dengan ramen tradisional.

Kali ini giliran ramen yang diberi topping emas yang memunculkan eksistensinya. Bagi beberapa orang, pesona ramen terdapat pada topping-nya yang beraneka, bahkan ada juga yang 'gila' seperti daging berpotongan besar dengan jumlah yang banyak. Maka, emas yang terdapat di ramen ini tentulah seperti bonus mewah bagi mereka yang pencinta topping.

Sejak 1 Agustus lalu, salah satu gerai ramen yang kerap dijadikan target kunjungan turis, Zundoya, merilis mie dengan topping daun emas yang bisa dimakan. Daun emas ini adalah emas yang sering ditemukan pada kudapan mewah.

Jika mampir ke Zundoya, cobalah pesan varian ramen standar apa saja, lalu jangan lupa pesan topping daun emas. Harga ramen di sini umumnya sekitar 1.000 yen, dan tambahan daun emasnya sendiri seharga 5.000 yen. Pesanan akan diantar kepada pengunjung dalam kondisi 'biasa saja' bersamaan dengan satu toples daun emas.

Nikmatilah ramen tanpa daun emas terlebih dahulu. Setelah puas, taburkan daun emas dari toples sesuai keinginanmu.

Daun emasnya sangatlah ringan, sampai-sampai bisa mengambang di atas kuah dan menempel pada mie.

Berhubung daun emas diberikan Zundoya secara utuh dengan toplesnya, pengunjung bisa membawa pulang sisa daun emas yang tak terpakai. Atau, coba saja untuk pesan menu lain, misalnya kudapan penutup yang kemudian ditaburi sisa dedaunan emas. Tak perlu khawatir akan mengubah rasa kudapan penutupnya, karena daun emas bisa dicampurkan kepada makanan dengan rasa apa pun.

Zundoya memiliki banyak cabang di Jepang khususnya di daerah Pulau Honshu. Namun, saat ini topping daun emas hanya tersedia di tiga cabang: Shinjuku Kabukicho di Tokyo, Sanjo di Kyoto, dan Shinsaibashi di Osaka.

Zundoya (Shinjuku Kabukicho) Alamat: Tokyo-to, Shinjuku-ku, Kabukichi 2-39-3 東京都新宿区歌舞伎町2-39-3 Waktu operasional: Buka 24 jam Zundoya (Kyoto Sanjo) Alamat: Kyoto-fu, Kyoto-shi, Nakagyo-ku, Kiyamachidori Sanjo Sagaru Higshi Iri Ishiyacho 121 Waktu operasional 11.00-03.00 (Senin-Kamis), 11.00-6.00 (Jumat-Sabtu) Zundoya (Osaka Shinsaibashi) Address: Osaka-fu, Osaka-shi, Chuo-ku, Shinsaibashisuji 1-5-7 Waktu operasional: Buka 24 jam All Images: Japan Today