Share on

Setelah berbagai acara besar seperti AnimeJapan dibatalkan dan berbagai tempat wisata ditutup akibat wabah COVID-19 alias Corona Virus, kini giliran gedung iconic Shibuya109 yang ditutup sementara akibat virus mematikan itu. Hal ini diduga diakibatkan oleh  hal yang diungkapkan oleh Gubernur Tokyo, Yuriko Koike,  dalam konferensi pers yang digelar Rabu (25/3) malam.

Advertise With Us

Dalam konfrensi pers yang menginformasikan tentang adanya 41 kasus baru akibat corona virus, Yuriko Koike kembali menghimbau pada warganya untuk menghindari pergi ke luar rumah pada malam hari. Tak hanya itu, ia juga meminta mereka untuk “menghindari semua kegiatan tidak mendesak untuk minggu ini.”

Tentunya, meminta agar orang-orang tetap diam di rumah sangat sulit jika toko-toko, bioskop, dan restoran masih buka seperti biasa. Apalagi, jika sasaranmu adalah anak-anak muda yang melihat weekend sebagai kesempatan untuk berbelanja dan berkumpul bersama teman-teman.

Namun, tak lama setelah himbauan dari Yuriko Koike, ada kabar mengejutkan datang dari spot hangout terpopuler di Tokyo, Shibuya109.

Cuitan di atas berbunyi:

“Kini, kami memasuki fase sulit dengan adanya wabah coronavirus.

Pertunjukan live show para idol dibatalkan, para orang tua juga tidak dapat melihat anak-anaknya diwisuda di atas panggung, jadi kami ingin memastikan pengobanan-pengorbanan itu tidak sia-sia. Untuk itu, kami memutuskan Sibuya109 akan ditutup sementara.

Meski sulit, namun kita harus tetap bekerja sama untuk mencegah penyebaran virus ini’

Sebagai pusat perbelanjaan yang populer di kalangan anak muda baik di dalam maupun luar Tokyo, ditutupnya Shibuya109 karena corona virus tentunya membuat banyak pihak kecewa dan frustasi, apalagi dengan cuitan yang menyatakan event-event yang dibatalkan dan gagalnya upacara kelulusan akibat ditutupnya sekolah-sekolah.

Cegah Corona Virus, Shibuya109 Ditutup Sementara
Bangunan Shibuya109 (soranews24.com)

Meskipun begitu, Shibuya109 tetap membuat para pelanggan mudanya nyaman dengan membuat penjelasan resmi di situs resminya.

Dalam situs resminya, Shibuya109 menyatakan penutupan sementara hanya akan berlangsung pada weekend saja, dari Sabtu hingga Minggu dengan waktu buka paling pendek pada Jumat dan Senin (pukul 11 siang hingga 7 malam). Mereka juga menyatakan beberapa toko dan restoran mungkin akan memiliki jam buka yang berbeda, namun tetap saja semua  pintu masuk menuju Shibuya109 akan tetap ditutup saat weekend.

Nah, daripada galau memikirkan tidak bisa hangout di malam minggu nanti karena corona virus seperti anak muda Jepang, lebih baik menghabiskan waktumu dengan bermain game atau menggambar Amabie untuk mencegah penyebaran virus.