Share on

Terkenal dengan sistem transportasinya yang baik, Jepang memiliki banyak sekali stasiun kereta api di setiap daerahnya. Tidak seperti stasiun kereta pada umumnya yang membosankan, beberapa stasiun kereta di Jepang ini memiliki nuansa yang unik dan pemandangan yang indah. Bukan hanya berfungsi sebagai tempat perhentian kereta, tetapi juga objek wisata. Mulai dari situs budaya, stasiun di pinggir laut, bahkan stasiun terpencil dimana kereta jarang berhenti. Berikut adalah lima stasiun kereta di Jepang paling fotogenik dan instagramable untuk kamu yang hobi berfoto.

Advertise With Us

 1. Stasiun Tokyo, Marunouchi Building (Tokyo)

Tokyo Station
Tokyo Station Marunouchi Building (wow-j.com)

Dibangun di Chiyoda pada tahun 1914, Tokyo Station Marunouchi Building kadang-kadang disebut "pintu depan Tokyo". Sebagai terminal utama yang menghubungkan Tokyo dengan daerah-daerah lain di Jepang, Stasiun Tokyo telah banyak berkontribusi dalam perkembangan ekonomi ibukota, dan telah ditetapkan sebagai situs budaya. Pada 2012, kubah utara dan selatan gedung stasiun ini direnovasi kembali setelah dihancurkan oleh serangan udara dan kebakaran selama Perang Dunia II.

Lokasi: 1-9-1 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo

2. Stasiun JR Mojiko (Fukuoka)

stasiun jr mojiko
Stasiun JR Mojiko di Fukuoka (wow-j.com)

Stasiun JR Mojiko terletak di Pelabuhan Mojiko yang sudah berusia lebih dari 120 tahun, di Kota Kitakyushu, Prefektur Fukuoka. Bangunan stasiun ini terkenal sebagai stasiun kereta api pertama yang ditunjuk sebagai Properti Budaya Penting di Jepang. Pada tahun 2019, bangunan indah yang pertama kali dibuka pada tahun 1914 ini akhirnya dibuka kembali setelah restorasi selama enam tahun. Bangunan kayu dua lantai bergaya Renaissance yang indah dan fotogenik ini merupakan tempat foto yang sangat populer.

Lokasi: 1-5-31 Nishikaigan, Moji-ku, Kitakyushu-shi, Fukuoka

3. Stasiun Kamakurakoko-Mae (Kanagawa)

stasiun kamakurakoko
Stasiun Kamakurakoko-mae saat malam hari (wow-j.com)

Terletak di Kota Kamakura, Prefektur Kanagawa, Stasiun Kamakurakoko-mae terkenal dengan pemandangan lautnya yang luar biasa. Laut biru yang bersinar membentang luas di depan stasiun ini. Tempat ini sangat populer sehingga seringkali beberapa orang turun di stasiun ini hanya untuk berfoto. Rahasia lain yang membuatnya terkenal adalah suasana dan pemandangan indah yang berbeda pada siang dan malam. Keindahan pemandangannya membuat Stasiun Kamakurakoko-mae terpilih sebagai salah satu dari 100 Stasiun Top di Wilayah Kanto. Kamu bisa naik Kereta Enoshima Electric dari Stasiun JR Kamakura untuk mencapai Stasiun Kamakurakoko-mae dalam waktu sekitar 18 menit.

Lokasi: 1-1-25 Koshigoe, Kamakura-shi, Kanagawa

4. Stasiun Kareigawa (Kagoshima)

stasiun kareigawa
Stasiun Kareigawa di Kagoshima (wow-j.com)

Dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu di Kirishima, Prefektur Kagoshima, bangunan Stasiun Kareigawa tidak berubah sejak pertama kali dibuka pada tahun 1903, dan sekarang telah terdaftar sebagai Properti Budaya. Meskipun sudah tidak memiliki staf, stasiun ini masih digunakan oleh kereta ekspres terbatas, dan tetap populer di kalangan banyak wisatawan yang datang untuk melihat bangunan kayunya yang indah. Bagian dalam stasiun terasa begitu penuh dengan sejarah, suasananya seperti bepergian ke masa lalu. Pada akhir pekan dan hari libur nasional, kamu bisa membeli ekiben (bento yang dijual di stasiun) di sini. Dinamai "Hundred-Year Travel Story: Kareigawa", kotak bento ini sangat populer sehingga dinobatkan sebagai Ekiben Terbaik di Kyushu tiga tahun berturut-turut!

Lokasi: 2174-3 Kareigawa, Hayato-cho, Kirishima-shi, Kagoshima

5. Stasiun Todoroki (Jalur JR Gono) (Aomori)

stasiun todoroki
Stasiun Todoroki di Aomori (wow-j.com)

Stasiun ini berdiri dengan damai di tepi laut Nishitsugaru, Prefektur Aomori. Bangunan kayu yang  sederhana ini terlihat seperti sebuah kotak kecil yang dikelilingi oleh luasnya laut dan langit. Hanya lima kereta per hari yang berhenti di stasiun terpencil ini. Dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, ini adalah tempat foto yang luar! Kamu bisa mencapai Stasiun Todoroki dalam 2 jam 40 menit dari Stasiun JR Aomori, tetapi rencanakan dengan hati-hati, karena tidak semua kereta berhenti di stasiun mungil ini.

Lokasi: Ogita, Todoroki, Fukaura-machi, Nishitsugaru-gun, Aomori