Share on

Kanto dan Kansai memang hanya berjarak 2,5 jam perjalanan dengan shinkansen, sehingga menjadi dua wilayah terkenal di Jepang yang sering disamakan, namun siapa sangka keduanya sebenarnya sangat berbeda dalam hal budaya, bahasa bahkan makanan! Berikut adalah 3 perbedaan utama makanan Kanto dan Kansai.

Advertise With Us

jarak kanto kansai
Kanto dan Kansai punya jarak yang dekat (savorjapan.com)

1. Preferensi Cita Rasa Berbeda: Bumbu Pekat Kanto vs Bumbu Ringan di Kansai

perbedaan kanto kansai
Perbedaan kecap Kanto dan Kansai (savorjapan.com)

Cita rasa rasa makanan di Kanto dan Kansai sangat berbeda. Kecap hitam, warna gelap dan rasa yang kuat terutama digunakan di wilayah Kanto sementara kecap asin berwarna terang dan rasa yang ringan sangat populer di wilayah Kansai. Namun Namun, jangan tertipu oleh penampilan, karena kecap hitam benar-benar terasa lebih manis dari kecap asin, sementara kecap asin memiliki kandungan garam yang lebih besar karena banyak air garam yang ditambahkan selama pembuatan bir untuk menebus berkurangnya jumlah koji atau nasi fermentasi.

2. Cara Menyantap Oknomiyaki

perbedaan kanto kansai
Perbedaan cara menyantap Okonomiyaki di Kanto dan Kansai (savorjapan.com)

Meskipun okonomiyaki juga dapat ditemukan di wilayah Kanto, banyak orang dari Kansai kaget karena ada perbedaan cara makan. Okonomiyaki adalah sejenis lauk untuk orang Kansai, jadi tidak mengherankan untuk menikmatinya dengan nasi. Namun di Kanto, itu dianggap sebagai hidangan utama, jadi ditambahkan saus, mayones, dan bahkan saus tomat. Selain itu, sebagian besar orang di Kansai akan memotongnya menjadi kotak-kotak kecil demi kenyamanan untuk makan sendiri, sementara orang-orang di Kanto terbiasa berbagi okonomiyaki, sehingga mereka akan membaginya dengan cara yang sama seperti pizza.

3. Edomae Sushi di Kanto vs Hako Sushi di Kansai

perbedaan kanto kansai
Perbedaan Sushi Kanto dan Kansai (savorjapan.com)

Edomae sushi, sushi yang terbuat dari makanan laut yang ditangkap di Teluk Edo, yang mana sushi dibuat dari makanan laut dengan nasi yang diremas. Sedangkan sushi Kansai, difermentasi menggunakan nasi dan bahan bahan seperti nasi cuka, bandeng, hering, tamagoyaki tebal, belut konger, udang, dan bahan-bahan lainnya dimasukkan dalam cetakan kayu dan menekannya ke dalam kotak sushi dengan bentuk yang rapi dan indah, menciptakan hako sushi atau kotak sushi.

Jika kamu punya kesempatan untuk mengunjungi kedua wilayah ini, cobalah untuk mempelajari perbedaan lain Kanto dan Kansai sambil menikmati sepenuhnya budaya lokal mereka.