Share on

Ramen adalah hidangan mie khas Jepang yang sudah dikenal di mana-mana karena kelezatannya. Tapi ramen yang satu ini mungkin akan membuat sebagian orang berpikir dua kali sebelum menyantapnya karena dibumbui dengan serangga. Meski demikian ramen bumbu serangga yang disajikan restoran Ramen Nagi di Tokyo ini telah memikat banyak orang yang menyukainya, bahkan mereka rela antri hanya untuk mencicipinya.

Seperti dikutip dari japantimes.co.jp, ramen bumbu serangga yang dinamakan insect tsukemen ini dalam satu hari bisa terjual lebih dari 100 mangkuk. Tiap mangkuknya berisi mie dengan sup jangkrik, belalang, atau bubuk ulat sutra yang ditaburi sekitar selusin jangkrik kecil dan mealworm (larva kumbang Tenebrio molitor).

Selain ramen bumbu serangga yang dijual seharga 1500 yen per mangkuk, restoran yang pemiliknya ingin mempromosikan budaya makanan alternatif lewat masakan Jepang tersebut juga pernah menyajikan cokelat, kue, dan minuman bertema serangga pada perayaan Valentine yang lalu. Berani mencicipi ramen ini?

(images: REUTERS)