Share on

Anmitsu adalah dessert atau hidangan penutup tradisional Jepang yang pertama kali dibuat pada Era Meiji (1868 – 1912). Dessert ini pada dasarnya adalah potongan jelly kenyal yang terbuat dari agar-agar bening, yang disajikan bersama dengan anko (pasta kacang azuki manis yang ditambahkan gula atau madu), dan kuromitsu (sirup hitam yang terbuat dari gula merah Okinawa). Jelly yang ada dalam hidangan ini hanya memiliki sedikit rasa dan sedikit kalori.

anmitsu
Anmitsu, dessert populer di Jepang (guide.michelin.com)

Saat ini, di beberapa restoran, anmitsu juga disajikan bersama topping berbagai jenis mochi, potongan buah-buahan, kacang polong, kastanye, dan bahkan es krim. Karena merupakan hidangan tradisional, anmitsu biasanya hanya disajikan bersama es krim dengan rasa khas Jepang, seperti matcha/teh hijau. Di beberapa restoran lainnya juga ada yang tidak menyajikan sirup hitam sebagai pendamping Anmitsu, tetapi mereka menggantinya dengan kinako (tepung kacang kedelai panggang).

Meskipun merupakan hidangan kuno, tetapi anmitsu tetap populer hingga saat ini dan sangat umum ditemukan dalam menu restoran di Jepang. Anmitsu juga merupakan hidangan musiman yang paling dicari saat musim panas. Resep tradisional Anmitsu juga sangat gampang untuk dibuat, dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

anmitsu
Anmitsu, dessert tradisional Jepang (umami-insider.com)

Resep dan Cara Membuat Anmitsu Tradisional:

-          1 pak agar-agar jelly bening

-          6 sdt pasta kacang azuki (anko)

-          20ml sirup hitam (kuromitsu)

1.       Buatlah agar-agar jelly sesuai dengan instruksi yang tertera di kemasan.

2.       Tuang jelly ke dalam wadah atau cetakan sebelum set

3.       Biarkan jelly hingga set dalam suhu ruangan, lalu masukkan ke kulkas bagian bawah

4.       Keluarkan jelly setelah benar-benar set dan dingin, potong kotak-kotak

5.       Sajikan bersama anko dan kuromitsu

Mudah, kan? Ingatlah bahwa kamu selalu bisa menambahkan topping apapun sesuai seleramu. Anko dan kuromitsu bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket barang impor Asia, atau kuromitsu bisa kamu buat sendiri dari gula merah. Selamat mencoba!

Artikel dari Berbagai Sumber