Share on

Sebagian besar orang Jepang biasanya menyukai dan memburu produk baru yang hanya tersedia di musim tertentu, atau hanya tersedia dalam jangka waktu terbatas. Namun, ada begitu banyak juga cemilan dan permen yang umum dan selalu tersedia di Jepang, yang sudah lama disukai orang-orang. Cemilan-cemilan berikut ini menjadi khas dan sangat terkenal di Jepang karena sudah ada sejak lama, selalu tersedia, dan dapat dengan mudah dibeli dimanapun. Mulai dari permen hingga keripik, berikut adalah tujuh cemilan Jepang terkenal yang selalu dapat kamu beli dengan mudah di setiap bagian negara ini. 

Advertise With Us

1. Sakuma Drops oleh Sakuma Seika (1908)

sakura drops
Permen Sakuma Drops (wow-j.com)

Sakuma Drops adalah permen keras transparan dengan rasa buah-buahan, peppermint dan cokelat. Sejak pertama kali dirilis lebih dari 100 tahun yang lalu, Sakuma Drops terus dicintai oleh banyak orang hingga saat ini. Desain kemasan kalengnya yang unik terus berubah di setiap era. Pernahkah kamu menonton film animasi “Hotaru no Haka” (Grave of the Fireflies) dari Studio Ghibli? Permen ini ada dalam animasi tersebut,  merupakan favorit dari tokoh utama, Setsuko.

2. Milk Caramel oleh Morinaga (1913)

Milk caramel
Milk Caramel dari Morinaga (wow-j.com)

Permen karamel dengan desain retro ini dibuat dengan merebus sirup pati, susu kental, gula dan bahan-bahan lainnya dalam waktu yang lama. Milk Caramel dari Morinaga ini menawarkan rasa manis yang legit. Selain susu, karamel ini juga memiliki rasa lain, seperti matcha, azuki (kacang merah Jepang), serta nanas sebagai edisi terbatas. Mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi yang baik, jadi permen ini sangat populer tidak hanya di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa, sebagai suplemen nutrisi dalam perjalanan dan mendaki gunung.

3. Milk Chocolate oleh Meiji (1926)

milk chocolate
Milk Chocolate dari Meiji (wow-j.com)

Milk Chocolate dari Meiji ini adalah chocolate bar sederhana dengan aroma dan rasa cokelat yang kaya. Disebut sebagai "cokelat murni," cokelat Ini juga sangat populer digunakan sebagai bahan untuk membuat cake dan kue kering lainnya. Ada banyak cokelat yang dijual di pasaran, tetapi cokelat dari Meiji ini sangat menonjol karena rasa lezatnya yang meleleh di dalam mulut.

4. Bisco oleh Ezaki Glico (1933)

Bisco
Bisco dari glico, cemilan Jepang (wow-j.com)

Sandwich biskuit dengan isi krim lemon di tengahnya ini mengandung sebanyak 100 juta lactobacilli, dengan kalsium dan Vitamin B1, B2 dan D, di setiap potongannya. Pada kemasannya diberi label "Oishikute Tsuyokunaru" (rasanya enak dan akan membuat Anda lebih kuat), jadi ini adalah camilan sempurna untuk anak kecil. Sandwich biskuit ini memiliki rasa sederhana yang tidak terlalu manis.

5. Milky oleh Fujiya (1951)

milky
Milky dari Fujiya, permen Jepang yang terkenal (wow-j.com)

Permen dengan aroma melimpah dari susu yang dibuat tanpa menggunakan bahan penyedap dan pewarna makanan. Susu kental, gula, dan sirup yang direbus membuat permen ini manis dan legit dengan tekstur yang lembut. Perhatikan kertas pembungkus saat kamu memakan permen ini, kamu akan beruntung jika berhasil membuka 10 permen tanpa merobek wajah maskot Peko Chan pada bungkusnya. Di beberapa bungkus permen ini tertulis kata "happy", dan bukannya "Milky", hal ini memang disengaja, konsumen yang menemukannya berarti diramalkan akan mendapatkan hari yang bahagia.

6. Potato Chips Nori-Shio oleh Koike-ya (1962)

potato chips
Potato Chips rasa Nori-Shio dari Koike-ya (wow-j.com)

Keripik Kentang rasa Nori-Shio (rumput laut asin) ini adalah rasa paling basic dari cemilan-cemilan buatan Jepang. Keripik kentang ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, termasuk dimakan sebagai sandwich atau melelehkan keju di atasnya seperti Nacho. Menurut orang-orang Jepang, keripik ini juga cocok dimakan sebagai pendamping alkohol.

7. Kappa Ebisen oleh Calbee (1964)

kappa ebisen
Kappa Ebisen, cemilan Jepang rasa udang dari Calbee (wow-j.com)

Seperti yang dikatakan dalam slogannya, “Yamerarenai, Tomaranai!” (Tidak bisa berhenti! Tidak bisa meletakkannya!), Kappa Ebisen benar-benar camilan yang begitu lezat sehingga kamu akan kesulitan untuk berhenti memakannya. Kaya akan kalsium dari udang alami, tidak digoreng menggunakan minyak melainkan dipanggang. Ada berbagai varian rasa klasik dari Kappa Ebisen, seperti Kyushu Shoyu (kecap) dan Kappa Ebisen Setouchi Lemon Aji.