SHARE THIS ARTICLE

c0cd1c_ae4b8cc60a1445b8506d4ea87bab0665

Kisah Yuki-onna adalah termasuk ke dalam kisah mitologi Jepang. Nama Yuki-onna sendiri mempunyai arti “wanita salju” atau “penyihir salju”, Yuki-onna akan muncul saat badai salju terjadi dan berwujud wanita cantik dengan kulit pucat, rambut hitam dan berpakaian serba putih sebagian besar wanita ini muncul dalam pakaian berbalut kimono.

Yuki-onna akan menjadi sosok yang ramah dan dengan senang hati membantu para pria yang membutuhkan pertolongan di tengah lebatnya hujan salju, bahkan kadang-kadang dia menggoda pria dengan maksud membunuh mereka ataupun dengan masuk tiba-tiba masuk ke dalam rumah dan membekukan seluruh isi rumah termasuk orang di dalamnya. Dalam beberapa versi lain, Yuki-onna terlihat sebagai hantu yang memegang anak dan menjadi wanita yang sangat protektif kepada anaknya.

Yuki-onna sendiri merupakan sosok yang populer di manga ataupun di video game, seperti kemunculannya di Final Fantasy, Yu Yu Hakusho, Rosaria + Vampire, Dokki Dokki Doctor dan bahkan Pokemon, dan juga sering muncul di beberapa film horor asia seperti The Grudge. Ada beberapa mitos tentang Yuki-onna , tetapi yang paling terkenal (yang telah diadaptasi menjadi film dan buku) adalah yang satu ini.

Saat badai salju terdapat dua orang pria yang satu muda dan satu lagi tua, Yuki-onna membekukan pria tua tersebut tetapi membiarkan pria muda untuk hidup. Namun, dia mengancam kepada pria tersebut bahwa jika pria tersebut memberitahu siapa pun tentang dia maka Yuki-onna akan membunuhnya. Bertahun-tahun kemudian pria muda tersebut akhirnya menikah dengan Yuki-onna dan hidup bahagia dengannya, bahkan akhirnya kedua pasangan tersebut mempunyai anak. Anehnya Yuki-onna tidak tampak menua jika dibandingkan dengan suaminya. Dan itu membuat bingung sang pria yang tidak mengetahui bahwa wanita yang dia nikahi adalah jelmaan siluman.

Yuki_Onna_by_yazukiwolf

Setelah beberapa lama akhirnya wanita itu pun menjelaskan semuanya bahwa dia adalah Yuki-onna (wanita salju). Namun dia tidak membunuh pria tersebut karena pria tersebut telah memegang janjinya untuk tidak menyebarkan berita bahwa Yuki-onna telah membunuh seorang pria tua beberapa tahun yang lalu. Dan  Yuki-onna pun sangat perduli akan keselamatan anak-anaknya maka dia pun mengancam pada pria tersebut agar selalu menjaga anak mereka apapun yang terjadi. Karena pria tersebut adalah pria yang penuh kasih sayang maka pria tersebut menjaga anak mereka sampai akhir hayat menjemputnya. Dan karena sudah tidak menemukan alasan untuk tinggal di dunia nyata maka Yuki-onna pun meninggalkan dunia nyata dan selalu menjaga keselamatan anaknya dengan cara mengawasi mereka dari alamnya.

Sumber : pandragondan.co.uk

COMMENT