SHARE THIS ARTICLE

Pro wrestling atau lebih kita kenal dengan gulat bebas tak hanya berkembang di Amerika, tapi di Jepang pun juga berkembang sangat pesat. Di Jepang sendiri pro wrestling lebih akrab disebut puroresu.

Ada perbedaan karakteristik pro wrestling di Jepang jika dibandingkan dengan 2 negara lainnya yang memiliki budaya di mana pro wrestling berkembang yaitu Amerika dan Meksiko. Di Jepang, karakteristik pro wrestling lebih menonjolkan sisi showmanship dan semangat juang dari pegulatnya. Berbeda dengan di Amerika yang lebih menonjolkon sisi storyline dan berbeda pula dengan di Meksiko yang menonjolkan sisi hero di mana mayoritas pegulat memakai topeng.

Namun, ada beberapa pegulat Jepang yang sukses dengan tetap mempertahankan karakterisitik gulat Jepang itu sendiri. Yuk, kita tengok 10 pegulat Jepang terbaik sepanjang masa versi Yahoo Sports!

10. Shinya Hashimoto

01

Pada 2001, Shinya Hashimoto menjadi salah satu dari beberapa pegulat Jepang yang pernah memenangi sabuk NWA World Heavyweight.

9. Mr. Saito

msaito

Bersama dengan Mr. Fuji, Mr. Saito merupakan pegulat tag team terbaik di masanya. Mr. Saito pernah menjadi juara WWF Tag Team pada awal 80-an dan pada 1990.

8. Tajiri

18

Tajiri sempat menjadi perhatian fans gulat di Amerika setelah sukses di ECW. Tak lama setelah itu Tajiri juga sempat pindah ke WWE.

7. Killer Khan

KillerKhan001

Meskipun dikatakan berasal dari Mongolia, Killer Khan sebenarnya berasal dari Jepang. Khan merupakan pegulat Jepang dengan tubuh yang sangat besar!

6. Ultimo Dragon

Ultimo_dragon_l

Ultimo Dragon terkenal sebagai pegulat high-flyer di Meksiko. Setelah menjadi pegulat cruiserweight di Jepang, ia memutuskan untuk berkompetisi di WCW. Ia pun menjadi salah satu pegulat yang banyak menciptakan banyak pro wrestling movement atau gerakan-gerakan dalam gulat antara lain yang terkenal adalah Asai Moonsault dan Asai DDT. Nama “Asai” diambil dari nama aslinya yaitu Asai Yoshida.

5. The Great Kabuki

The Great Kabuki

Jika dikatakan bahwa pegulat terhebat tidak harus memiliki sabuk maka kasus ini cocok bagi The Great Kabuki. Pada tahun 80-an, Kabuki membuat penonton takut dengan gaya anehnya. Dan merupakan pegulat Jepang pertama yang mentenarkan teknik Green Mist.

4. Jushin Liger

JUSHIN-LIGER

Pada perjalanan pertamanya di Amerika Utara, Jushin Liger menjadi bagian dari Stampede Wrestling dan dilatih oleh Stu Hart. Namun, banyak fans Jepang yang mengingat perseteruannya dengan legenda WCW Brian Pillman. Jushin Liger juga tampil dengan kostum dan topeng yang menarik. Bahkan nama Jushin Liger juga sempat dibuat menjadi judul sebuah manga dan anime lho.

3. The Great Muta

TheGreatMuta_crop_340x234

Pada 1993, The Great Muta menjadi juara NWA World Heavyweight. Ia juga sempat memegang gelar bergengsi IWGP Jepang. Muta sendiri memiliki topeng dan face paint yang bervariasi yang biasa dipakai saat tampil.

2. Giant Baba

Giant Baba

Banyak yang berpikir bahwa Giant Baba adalah versi Jepang dari Andre the Giant. Dengan tubuhnya yang tinggi, Baba benar-benar terlihat seperti raksasa dari Jepang. Baba juga pernah menjuarai NWA World Heavyweight sebanyak 3 kali.

1. Antonio Inoki

antonio-inoki

Meskipun tidak merasakan kesuksesan di Amerika seperti yang lainnya alami, namun Antonio Inoki tetap menjadi pegulat terbaik Jepang sepanjang masa. Dia pernah mengalahkan Bob Backlund di Jepang untuk menjadi juara WWF, serta pertandingan besar lainnya adalah melawan Hulk Hogan. Dan bahkan ia pernah melawan Muhammad Ali dalam pertandingan Mixed Martial Art.  Namanya juga pernah diabadikan ke dalam WWE Hall of Fame.

Jadi, apa salah satu di antara mereka merupakan pegulat favorit kalian?

Source : sports.yahoo.com
COMMENT