Hijab Arimatsu Shibori, Kombinasi Tradisi Jepang Dan Busana Muslim Yang Cantik


Hijab Arimatsu Shibori, Kombinasi Tradisi Jepang Dan Busana Muslim Yang Cantik

Pernahkah kalian mendengar tentang Arimatsu Shibori? Ini adalah salah satu teknik pewarnaan tradisional khas negeri sakura untuk menghasilkan pola unik nan orisinal yang telah berlangsung selama 400 tahun lamanya, dan diwarisi turun temurun. Shibori sendiri merupakan kata dalam bahasa Jepang untuk beragam cara mewarnai kain tekstil dan teknik seperti ini telah dilakukan selama berabad-abad di seluruh dunia, menjaga agar sebagian kain tidak terkena pewarna.


Diciptakan di Arimatsu, Prefektur Nagoya, produk Arimatsu Shibori awalnya hanya berupa handuk tangan, atau pakaian tradisional seperti yukata, dan kimono. Namun seiring berjalannya waktu, dan upaya pemerintah dalam menyiapkan wisata ramah Muslim, ada pengrajin Arimatsu Shibori yang kemudian memperluas variasi produk mereka dengan menampilkan gaya kasual modern seperti baju lengan panjang dan blus, bahkan hijab.

Salah satu pengrajin wanita yang membuat Hijab Arimatsu Shibori adalah Aya Osuka, yang mulai tertarik pada dunia Arimatsu Shibori ketika masih menjadi seorang mahasiswa. Hijab yang dibuat dengan teknik Arimatsu Shibori sendiri memiliki pola asli ala Jepang yang bergaya tradisional, namun tetap membuat pemakainya terlihat lebih trendi.


Hijab Arimatsu Shibori tersedia untuk ukuran 120 x 120 cm dengan kisaran harga antara 2.800 hingga 3.000 yen per potong atau sekitar 350.000 – 400.000 ribu Rupiah. Hijab tersebut dijual secara eksklusif di akun Instagram @pasarditakyoko, yang dijalankan oleh seorang wanita Indonesia yang kini tinggal di Nagoya, bekerja sama dengan Aya Osuka.

Aya Osuka ingin menyebarkan keindahan tradisi Jepang dan busana muslim dalam sebuah kombinasi, karena tak sedikit pula wisatawan Muslim yang menyukai barang-barang tradisional, maupun pengalaman yang berhubungan dengan Jepang.

Awal mula ketertarikannya dengan bidang ini adalah ketika ia melakukan kunjungan ke Arimatsu Narumi Kiyokan di Nagoya di mana Aya Osuka melihat pola sulit yang ternyata itu adalah Arimatsu Shibori, pengalaman itu pun menjadi pemicu baginya untuk belajar. Bersama dengan pemilik @pasarditakyoko, ia mulai membuat hijab sejak bulan Desember 2017 silam. Seperti yang kita tahu, ada aturan ketat dalam pemakaian hijab, maka dari itu, Aya Osuka juga membuat desain di mana polanya tampil sangat indah saat sedang dipakai.

 

(Featured Image : Instagram/pasarditakyoko)

Source : halamedia.jp

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
51
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
13
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes