SHARE THIS ARTICLE

scary kanji (1)

Cukup sulit untuk mengingat berbagai huruf Kanji dalam bahasa Jepang. Tapi apakah kalian tahu ada sejarah di balik huruf-huruf tersebut dan ternyata cukup menakutkan?

Salah satu hal yang paling sulit untuk dipelajari dari bahasa Jepang mungkin adalah huruf Kanji (漢字). Masalah dalam mempelajari huruf Kanji bukan hanya karena bentuknya yang abstrak, tetapi juga cara membacanya, yang biasanya satu huruf Kanji memiliki lebih dari dua cara untuk membacanya. Bukan hanya itu, huruf Kanji memiliki cara membaca Jepang (kun yomi/訓読み) dan cara membaca China (on yomi/音読み). Setelah menghafal semuanya, kalian masih perlu belajar kapan kalian harus membacanya dalam kun yomi atau on yomi.

scary kanji (2)

Artikel kali ini bukan membicarakan tentang betapa sulitnya untuk menghafal Kanji tetapi untuk melihat cerita apa yang ada di balik Kanji.

Seperti yang dilansir dari iromegane.com, Kanji ternyata memiliki asal-usul dan sejarah dan beberapa di antaranya sedikit menakutkan.

scary kanji (3)

Huruf ini dibaca sebagai Shin (on yomi) dan Ma (kun yomi). Artinya adalah kebenaran, sebenarnya atau benar-benar.

Kedengarannya seperti huruf yang sangat bagus. Nah, sekarang mari kita lihat tulisan Kanji kuno ini.

scary kanji (9)

Huruf ini sama tetapi cara penulisannya masih asli. Huruf ini tidak begitu umum tetapi masih digunakan.

Huruf ini awalnya untuk menggambarkan mayat dari orang yang tewas karena bencana. Bagian “匕” di atasnya adalah tubuh orang yang mati yang berbaring tertelungkup dan bagian “県” di bawahnya adalah rambutnya yang terjuntai dari tubuhnya.

scary kanji (4)

Orang-orang percaya bahwa orang-orang yang telah mati karena bencana menjadi roh pendendam yang memiliki kekuatan spiritual yang kuat. Dan roh-roh itu perlu diabadikan untuk menghibur mereka yang telah mati.

Itulah sebabnya mengapa huruf, 慎 (tsutsushimu/moderat) dan 鎮 (shizumeru/menumpas) digunakan untuk berbagai upacara untuk menenangkan roh-roh pendendam.

scary kanji (5)

Sekarang mari kita lihat Kanji, 道, dibaca sebagai Michi (kun yomi) dan Dou (on yomi) dan artinya adalah “jalan”. Orang-orang yang berlatih seni bela diri sangat akrab dengan huruf ini dan sebenarnya ini adalah salah satu huruf Kanji yang paling populer di antara huruf lainnya.

Mungkin kalian selalu bertanya-tanya mengapa huruf tersebut terkait dengan 首 (leher). Mau tahu mengapa?

Kanji ini dibuat dari bentuk tangan yang memegang sepotong kepala (yang tentu saja terpisah dari tubuhnya).

scary kanji (6)

Pada masa kuno, orang-orang menggunakan kepala untuk memurnikan roh jahat yang membawa bencana dan kutukan di gurun/tempat pembuangan di mana tidak ada jalan.

Masih penasaran?

scary kanji (7)

Ini adalah 取, yang dibaca sebagai Toru (kun yomi) dan Shu (on yomi), artinya adalah “mengambil”. Kedengarannya sangat normal kan?

Namun, asal-usulnya terdengar sedikit kejam. Di sisi kiri dari Kanji ini adalah 耳 (mimi/telinga) tetapi apakah kalian tahu tentang tanda di sisi kanannya? 又 dibaca sebagai Yuu (on yomi) dan Mata (kun yomi). Tanda ini sebenarnya berarti tangan.

Pada masa China kuno, para prajurit memotong telinga kiri musuh yang mereka bunuh untuk melihat berapa banyak yang telah mereka bunuh. Kanji tersebut, 取 berasal dari tindakan “mengambil/mengumpulkan telinga di tangan”. Sepertinya cukup brutal.

scary kanji (8)

Masih ada lebih banyak Kanji lainnya, meskipun menakutkan, tentunya kalian ingin tahu tentang asal-usul Kanji, kan?

Source : iromegane.com
COMMENT