SHARE THIS ARTICLE

Fenomena 'Pria Herbivora' di Jepang yang tidak tertarik menjalin hubungan dengan wanita Pada tahun 2014, hanya 1.001.000 bayi yang lahir di Jepang dan itu merupakan jumlah yang rendah karena jumlah orang yang meninggal sebanyak 1.269.000 orang sehingga membuat Jepang mengalami krisis populasi. Salah satu penyebabnya yang hingga kini diperdebatkan adalah munculnya “Pria Herbivora,” yang dalam bahasa Jepang disebut soshoku-kei danshi, sebuah istilah yang diciptakan oleh seorang kolumnis bernama Maki Fukasawa pada tahun 2006.

Seperti dilansir dari techinsider.io, Fukasawa mengatakan kepada CNN pada tahun 2009 bahwa di Jepang hubungan seks diterjemahkan sebagai “Hubungan daging,” sehingga ia menamakan para pria seperti itu sebagai “Pria Herbivora” karena mereka tidak tertarik dengan daging. Menurut survei yang diadakan tahun 2015, dari 1,134 orang yang berusia 16 hingga 49 tahun, telah terungkap bahwa Pria Herbivora muncul semakin banyak di Jepang. Dalam survei tersebut, di antara para responden pria, 17,9 persen tidak tertarik berhubungan seks atau bahkan benar-benar tidak menyukainya.

Banyaknya masyarakat Jepang yang berjuang dengan kesehatan mental mereka mungkin berkaitan dengan kurangnya minat tersebut. Penelitian yang dilakukan Japan Times mengatakan bahwa mereka tidak tertarik pada seks karena terlalu lelah bekerja, mengingat jam kerja di Jepang yang panjang (seminggu 80 jam). “Namun di sisi lain Pria Herbivora juga mewakili suatu revolusi identitas di Jepang, karena mereka memiliki semacam perasaan jijik terhadap generasi tua. Mereka tidak ingin memiliki kehidupan yang sama seperti generasi tua dan dampak dari pria herbivora terhadap perekonomian sangat besar,” kata Fukasawa dalam suatu wawancara.

Fenomena 'Pria Herbivora' di Jepang yang tidak tertarik menjalin hubungan dengan wanita2Istilah soshoku-kei danshi yang merujuk pada “Pria Herbivora” ini juga telah melahirkan berbagai istilah lainnya seperti yang blogger Japan Times bernama Rebecca Milner sebutkan di bawah ini:

nikushoku-kei danshi (肉食系男子; pria karnivora): pria macho yang mengejar apa dan siapa yang mereka inginkan.

soushoku-kei danshi (草食系男子; pria herbivora): pria pemalu yang tidak melakukan pergerakan untuk mengejar wanita, mereka biasanya menjadi mangsa para nikushoku-kei Josei (gadis karnivora).

roru kyabetsu danshi (ロールキャベツ男子; pria gulungan kubis): pria yang terlihat seperti herbivora tetapi sebenarnya adalah karnivora sejati, mereka diberi nama seperti hidangan kubis yang diisi dengan daging.

asupara bekon-maki danshi (アスパラベーコン巻き男子; pria daging isi asparagus): pria yang terlihat seperti karnivora tetapi kemudian mengungkapkan diri sebagai herbivora, mereka diberi nama seperti hidangan yakitori.

zasshoku-kei danshi (雑食系男子; pria omnivora): pria yang akan menjalin hubungan dengan siapapun.

zesshoku-kei danshi (絶食系男子; pria yang puasa): pria yang sama sekali tidak tertarik pada wanita.

Nah, kalian termasuk yang mana nih?

Source : techinsider.io
COMMENT