Share on
Buat kamu yang pernah mencoba berkunjung ke Jepang atau menonton beberapa anime, pasti pernah melihat permen-permen mungil berbentuk bintang. Ternyata, permen ini ada namanya lho, konpeito. Nah, mau tahu lebih banyak banyak tentang konpeito? Ayo cek fakta di bawah ini!

Sejarah Konpeito

Ternyata, konpeito bukan benar-benar berasal dari Jepang, lho. Sebenarnya, permen ini dibawa oleh orang Portugis ke Jepang pada tahun 1546. Bahkan, nama konpeito sendiri berasal dari bahasa Portugis “confeito” yang berarti permen.

Advertise With Us

Konpeito, Permen Unik Tradisional Asal Jepang
Konpeito (japan-history-travel.net)

Bahan Dasar Konpeito

Bahan dasar konpeito sebenarnya simple, hanya gula, air, dan pewarna makanan. Sayangnya, pada zaman itu, konpeito termasuk makanan mahal karena dibuat dengan banyak gula, sehingga yang bisa membelinya hanya kalangan samurai dan bangsawan. Konpeito juga cukup populer lho, bahkan menurut candysumo, Oda Nobunaga, salah satu daimyo Jepang, tertarik pada bentuk dan rasa permen konpeito setelah menerima permen itu dari seorang misionaris Kristen.

Cara Membuat Konpeito

Konpeito kebanyakan dibuat secara handmade. Permen ini dibuat dengan membentuk bola gula pasir yang dipanaskan lalu menuangkan sirup gula sedikit demi sedikit ke bola itu, hingga terlihat membesar. Proses ini menghasilkan permen berbentuk tidak rata yang membuatnya seperti konpeito yang kita kenal sekarang. Proses ini memakan waktu yang cukup lama lho. Dulu, bisa memakan waktu 2 bulan hanya untuk 2 jenis permen saja. Sekarang, hanya butuh 7 hingga 14 hari untuk membuat permen manis ini.

Variasi Konpeito

Awalnya, konpeito hanya memiliki 1 rasa. Sekarang, konpeito sudah memiliki beragam rasa dengan target yang berbeda-beda. Misalnya, konpeito rasa peach dan plum. Konpeito rasa peach merupakan konpeito edisi terbatas yang diproduksi ketika musim panas, sedangkan konpeito rasa plum merupakan favorit ketika musim dingin. Ada juga konpeito edisi khusus lain, seperti konpeito rasa coklat untuk valentine, konpeito Vone Romanevan Rouge untuk natal, dan konpeito edisi sakura.

Konpeito, Permen Unik Tradisional Asal Jepang
Konpeito edisi sakura (moshimoshi-nippon.jp)

Fungsi Konpeito

Konpeito ternyata memiliki fungsi berbeda-beda. Keluarga kekaisaran menggunakan konpeito sebagai hadiah peringatan untuk berbagai situasi. Sementara itu, penduduk Jepang lain menggunakan konpeito sebagai makanan pesta. Ada juga yang menggunakan konpeito sebagai souvenir paskah atau teman pesta minum teh. Konpeito dengan rasa tertentu seperti chestnut, biasanya ditata dalam tempat yang bagus, cocok sebagai oleh-oleh!

Konpeito, Permen Unik Tradisional Asal Jepang
Konpeito rasa chestnut untuk oleh-oleh (blog.japancrate.com)

Keunikan Konpeito

Tidak seperti jenis permen lain, konpeito bisa mempertahankan bentuk dan rasanya selama 30 tahun, lho. Tinggal menaruh permennya di tempat tersegel anti lembab, konpeito akan awet sampai 30 tahun kemudian.

Tempat Membeli Konpeito

Jika kamu tertarik untuk membeli konpeito, di Kyoto ada toko khusus konpeito bernama Ryokujuan Shimizu. Toko ini menjual konpeito berkualitas tinggi dengan rasa beragam. Mulai dari teh, coklat, caramel, hingga wine. Kamu juga bisa memesan secara online lho.

Konpeito, Permen Unik Tradisional Asal Jepang
Ryokujuan Shimizu, toko konpeito terkenal di Kyoto (japan-history-travel.net)
Bagaimana? Tertarik untuk membeli konpeito sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga?