Share on

Kita semua tahu apabila kita berkuliah atau bersekolah, pasti kita memerlukan buku pelajaran. Di Indonesia, biasanya orang-orang membeli buku baru atau meminjam buku dari senior. Para mahasiswa di Jepang memiliki pilihan lain dimana para mahasiswa dapat membeli buku bekas di toko barang bekas atau di toko online seperti Amazon. Selain harganya lebih murah daripada membeli buku baru ternyata orang Jepang memiliki alasan lain mengapa mereka gemar membeli buku bekas.

Berikut adalah beberapa alasan menurut orang Jepang melalui twitter mereka :

1. Catatan tak terduga bisa menjadi kejutan yang menyenangkan

Pernahkan kalian membaca buku yang sepertinya sama sekali tidak pernah tersentuh. Namun tiba-tiba kalian melihat ada beberapa komentar yang terdapat di buku sehingga kalian teringat bahwa buku tersebut adalah buku bekas. Terkadang komentar-komentarnya sangat lucu dan membantu. Serta kita merasa sedang berbagi dengan seseorang.

2. Memberikan ide dan perspektif yang berbeda

Terkadang kita selalu merasa bahwa pemahaman kita telah benar, namun tiba-tiba kita membaca catatan si pemilik buku yang terdahulu yang memberikan ide dan perspektif yang lain. Pemikiran tersebut akan berguna bagi kita sehingga dapat memahami permasalahan lebih dalam.

3. Catatan mereka sangat membantu

Selain mendapatkan perspektif baru dari catatan dan sorotan pemilik sebelumnya, terkadang mereka benar-benar informatif; Misalnya, mereka menyoroti bagian yang tidak kalian sadari bahwa bagian itu adalah hal yang penting, atau catatan mereka menjelaskan isi buku dengan lebih jelas daripada yang tertulis di buku. Kalian juga bisa belajar banyak dari apa yang pemilik sebelumnya tulis.

4. Catatan membuat kalian merasa ada seseorang yang belajar bersamamu

Ini membantu untuk mengetahui bahwa ada orang lain yang membaca buku ini juga, terutama jika kalian sedang berjuang. Hal ini bagaikan dukungan moral yang tidak disengaja untuk mengetahui bahwa kalian bukan satu-satunya yang menderita.