Share on

Musim panas di Jepang dipenuhi dengan hari-hari yang lembap dan sangat panas. Bahkan terkadang terlalu panas hingga sangat sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Tetapi, orang Jepang memiliki banyak cara untuk menghabiskan waktu di musim panas, mulai dari menikmati panasnya hingga pendinginan di acara-acara musim panas. Berikut adalah cara-cara unik orang Jepang untuk menghabiskan waktu dan menikmati musim panas mereka.

Advertise With Us

1. Membelah Semangka

membelah semangka

Tradisi membelah semangka saat musim panas di Jepang (wow-j.com)

Membelah semangka adalah hiburan populer di saat festival musim panas atau di pantai. Bukan membelah semangka dengan pisau seperti biasa, tetapi ini adalah sebuah permainan. Satu orang pemain akan ditutup matanya dengan kain, dan orang-orang lain akan mengarahkannya untuk menemukan semangka yang diletakkan di tanah dan memukulnya dengan tongkat kayu sampai terbelah. Semangka yang sudah terbelah akan dibagikan untuk semua orang.

2. Nagashi Somen

nagashi somen

Menyantap nagashi somen di musim panas (wow-j.com)

"Nagashi somen" adalah hidangan mie dingin yang disajikan dengan cara dialirkan dengan air di pipa bambu, dimakan dengan cara mengambil mie menggunakan sumpit lalu dicelupkan ke kuah soyu. Nagashi somen biasanya dimakan bersama-sama di acara musim panas. Rasa mie dingin yang menyegarkan dan suara air mengalir akan membuat kamu lupa tentang panasnya musim panas.

3. Cerita Hantu

cerita hantu

Bercerita hantu di malam musim panas (wow-j.com)

Di Jepang, musim panas dianggap sebagai masa ketika jiwa-jiwa orang mati kembali. Karena itu orang-orang Jepang biasanya menceritakan cerita hantu yang menyeramkan di malam hari saat musim panas berlangsung. Mereka bercerita di sebuah ruangan yang gelap, sambil duduk mengelilingi lilin yang menyala membentuk lingkaran untuk pengalaman yang lebih menyeramkan.

4. Menyantap Es Serut

es serut

Aneka variasi es serut Jepang (wow-j.com)

Cara terbaik untuk menikmati panasnya musim panas adalah dengan menyantap hidangan dingin, salah satunya es serut. Ada berbagai jenis es serut untuk dinikmati, dari yang standar hanya disiram dengan sirup berwarna-warni, hingga variasi lain dengan tambahan buah segar, matcha (teh hijau bubuk), atau kacang azuki di atasnya. Saat musim panas, semakin banyak toko yang membuat es serut dari air mineral alami di Tokyo.